“BPKP Sulteng Siap Membantu Kabupaten Sigi”

Sigi (6/2) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Sofyan Antonius beserta Korwas Bidang APD, Eko Suwahyo dan Korwas Bidang Investigasi menghadiri acara Sosialiasi Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (T4D) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah, di Aula Kantor Bupati Sigi. Kegiatan ini diikuti jajaran Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Sigi dan perwakilan dari BPK.

Bupati Sigi, Moh. Irwan Lapatta dalam sambutannya mengatakan, T4D membantu proses pembangunan di daerahnya agar tertib dalam tata kelola pemerintahan, bersih, efisien, dan berkelanjutan tanpa adanya keraguan dari Aparatur Sipil Negara (ASN). “T4D mengawal akselerasi pembangunan, baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasilnya. Disana juga terdapat upaya pencegahan timbulnya penyimpangan dan kerugian daerah.” Ujarnya. Irwan Lapatta melanjutkan bahwa dengan terbentuknya T4D, jajarannya siap berdampingan dengan instansi-instansi terkait dalam proses pengawasan dan pencegahan, penyimpangan, pengadaan barang dan jasa serta percepatan penyerapan anggaran termasuk dalam hal pengelolaan dana desa.

Dalam materi yang dipaparkan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah, Sampe Tuah memaparkan kegiatan ini untuk menghilangkan keraguan bagi ASN dalam serapan anggaran yang optimal, menciptakan iklim investasi di Sigi yang mendorong pertumbuhan ekonomi, pembangunan daerah, dan terlaksananya penegakkan hukum.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Sofyan Antonius untuk berdialog dengan Bupati Sigi, ia menyampaikan bahwa Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah siap mengawal proses pembangunan sebagaimana dimaksud dalam kegiatan sosialisasi T4D. Yang dilakukan oleh BPKP melalui peningkatan tata kelola melalui level maturitas SPIP, Kapabilitas APIP, juga implementasi SIMDA Perencanaan.

Bupati Sigi menyambut baik peran BPKP ini dengan menginstruksikan Inspektorat dan Kepala BPKAD agar melakukan persiapan yang dibutuhkan, guna mengawal kehadiran BPKP yang sejauh ini membawa kontribusi yang positif bagi jajarannya.  

(Humas BPKP Sulteng/AP)