Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Jumat Khidmat dan Sehat
22 Desember 2017 14:35:07 / sulteng / dibaca: 190 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-89 dan Vaksinasi Difteri kepada pegawai di Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

“Jumat Khidmat dan Sehat”

Hari Jumat (22/12) menjadi tampak berbeda di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah. Di pagi hari tampak barisan perempuan bersiap-siap menjadi tim dalam penyelenggaraan upacara peringatan Hari Ibu ke-89. Kali ini yang menjadi Pembina Upacara yakni Kepala Bagian Tata Usaha, Hendra Cipta. Peringatan Hari Ibu (PHI) merupakan hari kebangkitan perempuan Indonesia dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa. Berdasarkan sejarah pada tahun 1938 pada Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Selanjutnya, dikukuhkan oleh Pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional Bukan Hari Libur tertanggal 16 Desember 1959, yang menetapkan bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan Hari Nasional dan Bukan Hari Libur.

Untuk tahun 2017 bertemakan “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”. Peringatan Hari Ibu dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda, akan makna Hari Ibu sebagai Hari Kebangkitan dan Persatuan dan Kesatuan Perjuangan Kaum Perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa. Dalam amanah Pembina upacara, dibacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise. Beliau menjabarkan bagaimana peran perempuan sangat penting membangun bangsa. Kondisi bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi situasi “darurat” kekerasan terhadap perempuan dan anak memerlukan peranan kita semua, terutama kaum Ibu. Keterlibatannya dalam keluarga menjadi bagian yang penting dalam rangka penghapusan segala bentuk diskriminasi dan tindak kekerasan lainnya, serta berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa. Sebagai contoh, maraknya berbagai persoalan bangsa dan kompleksitas masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat seperti: kekerasan termasuk tindak pidana perdagangan orang (TPPO), pornografi, Infeksi dan lainnya yang disebabkan karena runtuhnya pondasi ketahanan dalam keluarga.

Selanjutnya masih dalam rangkaian kegiatan “Jumat Khidmat dan Sehat”, diadakan kegiatan vaksinasi difteri. Hal ini dilakukan sebagai bentuk permintaan dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah untuk mencegah dan menghambat penyebaran bakteri difteri yang di beberapa Provinsi sudah menjadi kejadian luar biasa. Sebagai pelaksananya adalah rekan-rekan dari Puskesmas Kawatuna. Salah satu Dokter menjelaskan, bakteri difteri ini masuk melalui droplet alias partikel air kecil-kecil yang dikeluarkan saat manusia bersin atau batuk.Bakteri ini bisa mengeluarkan toksin alias racun. Celakanya, racun dari bakteri difteri ini menyerang bagian paling vital manusia yaitu jantung, dalam hitungan hari. Racun bakteri ini menyerang jantung dan menyebabkan radang jantung yang berakhir dengan gagal jantung atau jantung tak berfungsi sebagai mana mestinya. Racun bakteri yang menyebabkan gagal jantung inilah yang menyebabkan difteri menjadi penyakit yang berpotensi menyebabkan kematian hanya dalam beberapa hari.

“Mens sana in corpore sano” – “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”

(Alexander Philiph)



Share      

Berita Terkait:

13 Januari 2018 11:25:20 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Perayaan Natal bersama Oikumene BPKP Sulteng Tahun 2018
12 Januari 2018 10:35:56 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Senam Pagi Bersama
11 Januari 2018 17:27:40 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN AUDITOR MADYA SERTA PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS TAHUN 2018
05 Januari 2018 11:10:08 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kaper BPKP Sulawesi Tengah: Mari Jalan Santai !
19 Desember 2017 18:41:45 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah


Profil Pewakilan Sulteng
Kata Pengantar
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tugas Pokok dan Fungsi
Visi Misi
Produk & Layanan
Pembinaan
Audit
Akuntabilitas
Unit Kerja
Bagian Tata Usaha
Bidang IPP
Bidang APD
Bidang Akuntan Negara
Bidang Investigasi
Bidang P3A
Tentang Sulteng
Wisata Sulteng
Profil Pemda
INFORMASI PUBLIK
Laporan Keuangan
Program dan Kegiatan
Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
Rencana Strategis
Perjanjian Kinerja
Rencana Kinerja
Laporan Monitoring Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja
    

Majalah Topegugu

 

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI SULAWESI TENGAH

Jalan Prof. Dr. Moh. Yamin, SH, Palu 94111
Telepon dan Faksimile : (0451) 421920
E-mail : sulteng@bpkp.go.id