Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Refleksi Akhir Tahun dan Rapat Kerja Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah
28 Desember 2016 14:15:58 / sulteng / dibaca: 337 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

 “Kamai Mompakasangu Mompaka Kua Riambe Nuata BPKP Posampe Suvuta Naroso Eva Ase Baja” 

Untuk merefleksikan kembali perjalanan dan kinerja selama tahun 2016, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan kegiatan Refleksi Akhir Tahun dan Rapat Kerja selama tiga hari kerja dari hari Rabu sampai dengan Jumat (21 – 23 Desember 2016) yang bertempat di Graha Audita, Kota Palu. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai baik dari Pejabat Struktural, Koordinator Pengawasan, Pejabat Fungsional Auditor, Pejabat Fungsional Umum, maupun Tenaga Harian Lepas.

Untuk mengakomodir budaya lokal, tema kegiatan ini diambil dari bahasa Kaili yang merupakan suku asli yang berasal dari Kota Palu. Tema tersebut ialah : “Kamai Mompakasangu Mompaka Kua Riambe Nuata BPKP Posampe Suvuta Naroso Eva Ase Baja” yang artinya “Mari Satukan Potensi Di Bawah Naungan BPKP Tetap Teguh Laksana Waja Persaudaraan Kita”, tema ini diadopsi dari Prosa karya Muhammad Ridwan yang merupakan satu-satunya Arsiparis Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam pembukaan kegiatan, Slamet Tulus Wahyana, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah memberikan Kata Sambutan sekaligus membuka kegiatan ini, memaparkan harapannya agar proses evaluasi terhadap kinerja organisasi ini penting dilakukan, karena tanpa evaluasi tidak akan diketahui sampai sejauhmana organisasi tersebut telah efektif melakukan perubahan menuju organisasi berkinerja tinggi. Bisa dikatakan bahwa evaluasi terhadap kinerja organisasi pada hakekatnya adalah sebuah usaha untuk mengetahui “di mana kita nyatanya berada” dan “di mana kita seharusnya berada”. Dari hasil evaluasi bisa diketahui apa kekurangan dalam mewujudkan organisasi berkinerja tinggi dan kemudian dapat dilakukan langkah-langkah intervensi untuk memperbaiki kondisi yang ada. Ketidakjelasan pengukuran kinerja disebabkan diantaranya adalah: strategi tidak dijalankan, tidak memahami rancangan strategis, kinerja operasional tidak berjalan semestinya dan prioritas tidak jelas.

Oleh karena itu,  peran aktif peserta selama berlangsungnya kegiatan ini dengan memberikan masukan-masukan, kritikan-kritikan untuk memperbaiki apa yang masih dirasakan kurang, agar di tahun 2017 program berjalan dengan baik. Dan indikator-indikator capaian menjadi acuan untuk melaksanakan program tahun 2017, tegasnya. Kita berharap semua bidang harus berkerja keras termasuk para personilnya dan  memetakan masing-masing masalah dan mengusulkan beberapa alternatif solusi untuk mengatasinya, pesan Bapak Slamet Tulus mengakhiri arahannya.

Kegiatan Refleksi Akhir Tahun dan Rapat Kerja 2016 yang dilaksanakan menyediakan sarana informasi bagi para pegawai antar lintas bidang yang didapat dari presentasi Koordinator Pengawasan yang memaparkan refleksi perencanaan, realisasi kegiatan selama tahun 2016, dan kendala-kendala dalam pencapaian target kinerja tahun 2016.

Kendala-kendala yang sudah dipaparkan tersebut secara terperinci dibahas di Komisi-Komisi yang telah dibentuk untuk menyusun dan mengembangkan rencana detail agar mencapai target. Tahap ini terlihat dari komitmen penuh dari semua peserta kegiatan yang memberikan ide terbaik mereka agar bisa membantu mencapai target kenerja di tahun 2017. Adapun Komisi-Komisi yang ada yakni, Komisi Penerapan dan Pembinaan SPIP sebagai Komisi I, Penyusunan Strategi Peningkatan Kapabilitas APIP menuju level 3 sebagai Komisi II, Klinik Pengelolaan Keuangan Desa sebagai Komisi III, Klinik Pengadaan Barang dan Jasa sebagai Komisi IV, Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) sebagai Komisi V, Budaya Kerja sebagai Komisi VI, dan Komisi VII membahas Memperindah dan Mempercantik Lingkungan Kantor serta Rumah Dinas. Hasil-hasil dari setiap Komisi tersebut dipresentasikan, dilakukan Pleno, lantas rekomendasi-rekomendasi yang sudah disepakati bersama dijadikan bahan untuk melaksanakan Program Kerja Tahun 2017 yang lebih efisien, efektif, dan berdayaguna.

Selain kegiatan tentang Refleksi Akhir Tahun dan Rapat Kerja, kegiatan hiburan berupa pentas tari Cenderawasih yang berasal dari Provinsi Bali, dipentaskan oleh salah seorang Tenaga Harian Lepas, untuk menghibur para peserta serta menampilkan wawasan kekayaan bangsa. Sedangkan untuk menambah kekayaan informasi tentang Provinsi Sulawesi Tengah, panitia mengundang perwakilan dari Bappeda untuk memaparkan RPJMD Provinsi Sulawesi Tengah  agar sinergis dengan pelayanan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah. Panitia juga mengundang pihak akademisi yang juga merupakan budayawan lokal dari Universitas Tadulako untuk memaparkan tentang Budaya Kaili dalam Transformasi untuk persamaan. 

(Alexander Philiph)



Share      

Berita Terkait:

24 Juli 2014 12:46:32 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Penyerahan Laporan Hasil Pengawasan Semester I 2014 Prov Sulteng kepada Wagub Sulteng
19 Mei 2014 16:07:28 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Rangkaian Acara Pembukaan HUT BPKP ke 31 di BPKP Sulteng
23 Oktober 2013 07:57:56 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Sertijab Kepala Perwakilan BPKP Sulteng
31 Mei 2013 09:54:25 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Rangkaian Acara Puncak Peringatan HUT BPKP ke-30 di Perwakilan BPKP Sulteng
06 Mei 2013 14:07:45 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kemeriahan Mewarnai Pembukaan POR memperingati HUT BPKP ke 30 di BPKP Sulteng


Profil Pewakilan Sulteng
Kata Pengantar
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tugas Pokok dan Fungsi
Rencana Strategis
Visi Misi
Produk & Layanan
Pembinaan
Audit
Akuntabilitas
Unit Kerja
Bagian Tata Usaha
Bidang IPP
Bidang APD
Bidang Akuntan Negara
Bidang Investigasi
Tentang Sulteng
Wisata Sulteng
Profil Pemda
INFORMASI PUBLIK
Rencana Kinerja (Renja) Perwakilan
Perjanjian Kinerja (Perkin)
Laporan Keuangan
Program dan Kegiatan
L A K I P
    

Majalah Topegugu

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI SULAWESI TENGAH

Jalan Prof. Dr. Moh. Yamin, SH, Palu 94111
Telepon dan Faksimile : (0451) 421920
E-mail : sulteng@bpkp.go.id