Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA TINDAK PENGENDALIAN
30 Desember 2014 09:16:58 / sulteng / dibaca: 1613 kali / Kat: SPIP

Pada hari Kamis, tanggal 18 Desember 2014 bertempat di Aula Graha Audita BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, telah dilaksanakan Workshop Penyusunan Rencana Tindak Pengendalian (RTP) Bagi Instansi Vertikal di Provinsi Sulawesi Tengah. Diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, yang disingkat dengan SPIP dilatarbelakangi dengan telah bergesernya karakter pengendalian intern dari hard control menuju soft control.

Artinya pengendalian tidak lagi efektif jika dikemas dalam kegiatan yang bersifat represif.” Pengendalian harus berangkat dari masing –masing pribadi aparatur pemerintah yang dikendalikan oleh sebuah sistem yang mapan, namun tetap dinamis.

SPIP, yaitu pelaksanaan  pengendalian intern dengan sistem artinya pengendalian bukan dari orang, akan tetapi oleh sistem atau metode, diawasi bukan oleh orang tetapi oleh sistem dan metode yang dibuat.

Untuk dapat memperbaiki atau meningkatkan kualitas akutabilitas dan menciptakan Tata Kelola menuju Good governance, maka SPIP merupakan pilar yang sangat penting untuk segera dibangun dan diterapkan oleh instansi vertikal di Provinsi Sulawesi Tengah.  

Hal ini  akan tercapai apabila seluruh tingkat pimpinan dan penyelenggara pengendalian dapat melaksanakan kegiatan secara efektif dan efesien diseluruh instansi masing-masing, “ Setiap pimpinan instansi vertikal  wajib menciptakan dan memelihara lingkungan dalam keseluruhan organisasi yang menimbulkan perilaku positif dan mendukung terhadap pengendalian intern dan manajemen yang sehat.

Setiap instansi  vertikal yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah ini mempunyai risiko akan muncul dalam  menggagalkan pencapaian tujuan, baik organisasi maupun kegiatan oleh karena diperlukan langkah-langkah untuk melakukan antisipasi.

Langkah antisipasi tersebut adalah dengan melakukan penilaian risiko. Di dalam SPIP terdapat salah satu unsur untuk mencapai tujuan secara efisien, efektif dan ekonomis adalah dengan melakukan pendekatan Penilaian Risiko.

Penilaian risiko  adalah suatu sistem pengawasan  risiko  dan perlindungan harta benda, hak milik dan ditaatinya peraturan perundangan-undangan  atas kemungkinan timbulnya kerugian karena adanya suatu risiko.

Proses pengelolaan risiko yang mencakup identifikasi, evaluasi dan pengendalian risiko yang dapat mengancam kelangsungan usaha atau aktivitas organisasi atau kegiatan.

Suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan /pengelolaan sumber daya dengan melakukan pendekatan Self Control Assesment (CSA).

Kegiatan CSA ini melibatkan semua unsur yang mempunyai resiko di segala tingkat  pada organisasi, yang dilakukan dengan metode diskusi kelompok atau Focus Group  Discustion (FGD).

Dari hasil FGD tersebut akan diperoleh Rencana Tindak Pengendalian (RTP)  sebagai rencana aksi atas kejadian yang akan muncul atas risiko yang sudah teridentifikasi.

Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh peserta Workshop untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya dapat diimplementasikan di lingkungan kerja masing-masing.

 

 



Share      

Berita Terkait:

30 Mei 2017 13:31:59 / sulteng / dibaca: kali / Kat: SPIP
SEMINAR DAN DISKUSI “PENINGKATAN MATURITAS SPIP MENUJU PEMBANGUNAN BERAKUNTABILITAS”
30 Maret 2017 16:04:10 / sulteng / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kepala Perwakilan BPKP Sulteng Hadiri Peresmian Gedung Serbaguna SMANOR Tadulako
23 Maret 2017 08:19:13 / sulteng / dibaca: kali / Kat: SPIP
41 Pegawai BPKP Sulteng mengikuti tes TOEFL....
23 Maret 2017 08:15:14 / sulteng / dibaca: kali / Kat: SPIP
41 Pegawai BPKP Sulteng mengikuti tes TOEFL....
28 Agustus 2012 14:43:19 / sulteng / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kepala Perwakilan BPKP Sulteng Bersilaturahmi ke Walikota Palu


Profil Pewakilan Sulteng
Kata Pengantar
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tugas Pokok dan Fungsi
Visi Misi
Produk & Layanan
Pembinaan
Audit
Akuntabilitas
Unit Kerja
Bagian Tata Usaha
Bidang IPP
Bidang APD
Bidang Akuntan Negara
Bidang Investigasi
Bidang P3A
Tentang Sulteng
Wisata Sulteng
Profil Pemda
INFORMASI PUBLIK
Laporan Keuangan
Program dan Kegiatan
Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
Rencana Strategis
Perjanjian Kinerja
Rencana Kinerja
Laporan Monitoring Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja
    

Majalah Topegugu

 

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI SULAWESI TENGAH

Jalan Prof. Dr. Moh. Yamin, SH, Palu 94111
Telepon dan Faksimile : (0451) 421920
E-mail : sulteng@bpkp.go.id