Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Sosialisasi Beasiswa Program STAR BPKP
30 Juni 2014 07:54:34 / sulteng / dibaca: 4107 kali / Kat: Sosialisasi

Dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP dan Pengelolaan Keuangan Negara di Lingkungan Pemerintah Daerah/Kementrian/Lembaga, diselenggarakan Sosialiasi Beasiswa Program Gelar S1 dan S2 STAR BPKP pada hari Selasa, 24 Juni 2014 bertempat di Hotel Mercure, Palu yang dihadiri oleh wakil dari BKD dan inspektorat daerah se Sulawesi Tengah.

Program STAR merupakan program BPKP yang bertujuan dalam rangka peningkatan kompetensi SDM APIP dan pengelola keuangan daerah. Jika biasanya, model peningkatan kompetensi dari BPKP adalah berupa bimtek atau permintaan narasumber, yang pada dasarnya adalah “mencetak” tenaga ahli keuangan di pemda, tanpa melihat latar belakang pendidikan pegawai yang dilatih. Artinya dari “Non-Akuntan” menjadi “Akuntan”. Namun kali ini, pendekatan BPKP agak berbeda, dimana benar-benar akan “mencetak” tenaga ahli yang memang khusus bidang keuangan/akuntansi. Hal Inilah diharapkan khususnya pemerintah daerah agar dapat dihasilkan tenaga ahli keuangan/akuntansi yang kompeten, baik untuk S1 maupun S2.

Acara sosiasliasi program STAR BPKP didahului dengan sambutan Kepala Perwakilan BPKP Sulteng, Achdiman Kartadimadja kemudian dilanjutkan dengan sambutan Sekretaris Utama BPKP, Meidyah Indreswari. Dalam sambutannya, Meidyah Indreswari memaparkan mengenai latar belakang dan gambaran umum Program STAR BPKP.

Acara sambutan selanjutnya disampaikankan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Sudarto. Mengawali sambutannya Sudarto memberikan apresiasi kepada BPKP atas pembinaan keuangan yang diberikan selama ini. "Perlu Bapak/Ibu ketahui, kehadiran BPKP di Sulawesi Tengah sangat kami rasakan betul manfaatnya terutama dalam hal pembinaan pengelolaan keuangan daerah. Kami mengetahui bahwa seluruh kabupaten/kota telah sering berinteraksi dengan Perwakilan BPKP dalam melakukan konsultasi atau bimbingan lainnya. Kami percaya bahwa BPKP terdiri dari orang-orang yang memang memiliki kompetensi dan pengalaman yang memadai dalam bidang keuangan dan audit" ungkap Sudarto.

"Kami merasa bahwa kebutuhan SDM yang mengerti keuangan daerah masih sangat terbatas. Kebutuhan ini semakin terasa ketika nantinya di tingkat kelurahan dan desa akan mengelola dana yang sangat besar. Risikonya sangat jelas, yaitu jika pengelolaan dana di tingkat pemerintahan terbawah ini tidak baik, maka bisa dipastikan pertanggungjawaban pemda secara keseluruhan juga akan buruk, dan bukan tidak mungkin, akan terjadi penyelewengan keuangan Negara/daerah. Jadi, sekali lagi, jika dimungkinkan, kami meminta agar kuota atau jatah untuk peserta Program STAR BPKP yang berasal dari pemda di wilayah timur Indonesia, khususnya di wilayah provinsi Sulawesi Tengah, dapat diberikan lebih besar " tegas Sudarto.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi Program STAR secara rinci oleh Narasumber dari BPKP Pusat dan Perwakilan BPKP Sulteng.

 

 

 



Share      

Berita Terkait:

05 Juni 2018 14:17:45 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Silahturahmi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah dengan Kapolda Sulawesi Tengah
11 Mei 2018 17:54:37 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
WORKSHOP EVALUASI PELAKSANAAN IMPLEMENTASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) TAHUN 2018
25 Maret 2018 19:04:41 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
FGD : Hasil Evaluasi atas Program Percepatan Industri Perikanan dan Kesejahteraan Nelayan
08 Pebruari 2018 09:26:33 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
“BPKP Sulteng Siap Membantu Kabupaten Sigi”
03 Nopember 2014 12:37:16 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyambut Era Akrual


Profil Pewakilan Sulteng
Kata Pengantar
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tugas Pokok dan Fungsi
Visi Misi
Produk & Layanan
Pembinaan
Audit
Akuntabilitas
Unit Kerja
Bagian Tata Usaha
Bidang IPP
Bidang APD
Bidang Akuntan Negara
Bidang Investigasi
Bidang P3A
Tentang Sulteng
Wisata Sulteng
Profil Pemda
INFORMASI PUBLIK
Laporan Keuangan
Program dan Kegiatan
Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
Rencana Strategis
Perjanjian Kinerja
Rencana Kinerja
Laporan Monitoring Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja
    

Majalah Topegugu

 

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI SULAWESI TENGAH

Jalan Prof. Dr. Moh. Yamin, SH, Palu 94111
Telepon dan Faksimile : (0451) 421920
E-mail : sulteng@bpkp.go.id