Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Morowali Utara Jalin Kerjasama Pengelolaan Manajemen dengan BPKP Sulteng
02 Juni 2014 14:13:12 / sulteng / dibaca: 3439 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Setelah ditetapkan sebagai Daerah Otonom Baru (DOB) pada tahun 2013, Morowali Utara langsung tancap gas dalam menata pengelolaan manajemen pemerintah daerah khususnya pengelolaan keuangan dengan menggandeng BPKP Sulteng yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman Pengembangan Manajemen Pemerintah Daerah. Kabupaten yang merupakan pecahan dari Kabupaten Morowali ini berkomitmen menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik sejak awal.

Acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab Morowali dan BPKP Sulteng terasa lebih spesial karena dilaksanakan bertepatan pada perayaaan hari ulang tahun BPKP ke 31 pada hari jumat, tanggal 30 Mei 2014. Acara ini dihadiri oleh jajaran penjabat struktural Pemkab Morowali Utara dan  BPKP sulteng. Acara dilangsungkan pada pukul 09.00 WiTA setelah upacara peringatan HUT BPKP ke 31 bertempat di Ruang Rapat Kepala Perwakilan BPKP Sulteng.

Kepala Perwakilan, Achdiman Kartadimadja dalam sambutannya menegaskan bahwa kerja sama ini didasari pada semangat BPKP Sulteng untuk memajukan pembangunan nasional dengan meningkatkan akuntabilitas dan tata kelola pemerintahan yang baik khususnya di Pemkab Morowali Utara. MoU yang ditandatangani ini dapat menjembatani kedua belah pihak untuk bekerja sama dalam bidang pengelolaan manajemen pemerintahan dan pengelolaan keuangan daerah. Dengan adanya kerjasama yang dijalin diharapkan pengelolaan manajemen pemerintahan khususnya pengelolaan keuangan dapat menghasilkan kinerja keuangan yang akuntabel. Dalam sambutannya, achdiman menekankan 4 hal kerjasama yang perlu ditingkatkan yaitu pengelolaan SDM, penggunaan IT dalam pengelolaan keuangan (SIMDA), penguatan tata kelola APIP dan penyelenggaraan SPIP.

Sementara itu, Bupati Morowali Utara, Abdul Haris Renggah pada awal sambutannya memberikan selamat ulang tahun ke BPKP. Abdul Haris mengaku terkesan dengan moment penandatanganan MoU ini karena bertepatan dengan hari ulang BPKP. "Dengan kerja sama ini dapat memberikan titik terang dalam penerapan tata kelola pemerintahan yang baik di Morowali Utara" ujarnya. Abdul Haris juga menuturkan bahwa Pemkab Morowali Utara masih dalam upaya peletakan dasar-dasar penyelenggaraan pemerintah daerah. Untuk itu dibutuhkan lembaga yang diberi amanah untuk memfasilitasi Pemda dalam penerapan tata kelola pemerintahan yang baik khususnya pelaporan keuangan agar tidak terjebak dalam praktek-praktek yang koruptif dan pelanggaran aturan yang berlaku.

Bupati Morowali Utara pada akhir sambutannya memberikan apresiasi dan harapan yang besar kepada BPKP atas kesediaannya untuk membantu pemkab Morowali Utara.

Ruang lingkup kerja sama meliputi pengelolaan keuangan dan aset daerah, pengembangan dan penyelenggaraan sistem akuntabilitas kinerja, pengembangan penyelenggaraan sistem akuntansi keuangan daerah, pengembangan kapasitas APIP, pengembangan SPIP dan pengelolaan BUMD/BLUD. Kerjasama ini berlaku selama 5 tahun.

 

 

 

 



Share      

Berita Terkait:

16 Mei 2018 10:09:21 / sulteng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Penandatanganan Nota Kesepahaman BPKP dan BKKBN dalam Memperkuat Tata Kelola Pemerintahan yang Baik
14 Pebruari 2018 14:46:01 / sulteng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
KUNJUNGAN KEPALA DINAS KESEHATAN PROVINSI SULAWESI TENGAH
31 Januari 2018 13:10:56 / sulteng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Kunjungan Kerja KPID ke Kantor Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah
25 Januari 2018 07:30:25 / sulteng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Kunjungan Kerja Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Tengah ke Kantor Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah
05 Januari 2018 16:40:52 / sulteng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
DIALOG HUMANIS UNTUK TATA KELOLA YANG BAIK


Profil Pewakilan Sulteng
Kata Pengantar
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tugas Pokok dan Fungsi
Visi Misi
Produk & Layanan
Pembinaan
Audit
Akuntabilitas
Unit Kerja
Bagian Tata Usaha
Bidang IPP
Bidang APD
Bidang Akuntan Negara
Bidang Investigasi
Bidang P3A
Tentang Sulteng
Wisata Sulteng
Profil Pemda
INFORMASI PUBLIK
Laporan Keuangan
Program dan Kegiatan
Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
Rencana Strategis
Perjanjian Kinerja
Rencana Kinerja
Laporan Monitoring Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja
    

Majalah Topegugu

 

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI SULAWESI TENGAH

Jalan Prof. Dr. Moh. Yamin, SH, Palu 94111
Telepon dan Faksimile : (0451) 421920
E-mail : sulteng@bpkp.go.id