Sertijab Kepala Perwakilan BPKP Sulteng

Acara ini berlangsung di Gedung Pogombo Jalan Sam Ratulangi, Palu, dihadiri Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola; Pimpinan/Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Iman Bastari, Ak., MAcc., Kepala Perwakilan BPKP Provinsi yang lama dan baru, Bupati/Walikota se-Sulawesi Tengah, Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal di Sulawesi Tengah, Pimpinan SKPD, serta undangan lainnya.
Melalui pergantian pejabat ini, peran BPKP diharapkan dapat terus ditingkatkan seiring dengan semakin tingginya tuntutan peningkatan kualitas akuntabilitas keuangan negara/daerah, pelayanan publik, dan penanggulangan masalah korupsi, Sebagai salah satu lembaga pengawasan intern saat ini, kiprah BPKP semakin penting sebagaimana diamanatkan dalam Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2011 tentang Percepatan Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Keuangan Negara dan Instruksi Presiden Nomor 17 Tahun 2011 tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2012. MoU yang ditandatangani bersama antara kepala daerah di seluruh wilayah Sulawesi Tengah dengan BPKP membuktikan adanya komitmen yang tinggi di antara penyelenggara pemerintahan di daerah. Namun, mengingat kapasitas sistem dan SDM yang terbatas, maka masih dibutuhkan pelatihan dan bantuan teknis oleh BPKP terkait dengan penataan aset, peningkatan kualitas pelaporan, dan penyelenggaraan SPIP.
Dalam hal penyusunan LKPD, sebagai bagian dari akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, secara keseluruhan, hasil yang dicapai Provinsi Sulawesi Tengah termasuk luar biasa. Untuk tahun buku 2012, secara keseluruhan dari jumlah pemda sebanyak 12 pemda, 9 pemda (75%) diantaranya memperoleh opini WTP dari BPK RI. Hal tersebut tidak terlepas dari komitmen seluruh kepala daerah       di Sulawesi Tengah yang senantiasa berupaya untuk berbenah menuju peningkatan kualitas akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Untuk tahun berikutnya, yang menjadi agenda utama adalah mempertahankan opini WTP dan meningkatkan kualitas pelaporan keuangan pemda.
Mutasi, promosi dan rotasi merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi. Demikian juga yang terjadi dalam organisasi BPKP, yang memiliki komitmen tinggi untuk mencapai kinerja yang excellent serta meningkatkan kompetensi pegawai. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Iman Bastari yang mewakili Kepala BPKP 
Sementara itu Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola dalam sambutannya memberikan apresiasi yang cukup besar atas bantuan yang diberikan BPKP kepada Provinsi Sulawesi Tengah sehingga tercapai hasil yang cukup memuaskan dan berharap BPKP terus mendampingi pemda dalam penerapan tata kelola pemerintahan daerah yang baik.
Selamat Jalan pak Yus, Selamat Datang pak Achdiman.
Humas BPKP Sulteng.