PMD Maros Gelar Bimtek SIA Bumdes

Maros (13/10) Pemerintah Kabupaten Maros melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyelenggarakan Bimbingan Teknis aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa (SIA BUMDes) bertempat di Aula Baruga B Kantor Bupati Maros pada Rabu 13 Oktober 2021. Bimbingan teknis tersebut terlaksana atas kerja sama Dinas PMD Kabupaten Maros dan Perwakilan BPKP Sulsel.
 
Bimbingan teknis yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas bendahara dan manajemen laporan keuangan BUMDes menghadirkan Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Arman Sahri Harahap dan Bupati Maros Andi Syafril Chaidir Syam. Hadir peserta Bimtek sebanyak 31 orang yang terdiri dari 30 peserta dari BUMDes di 11 Kecamatan dan 1 peserta lainnya dari Perusda Kab. Maros. 
 
Kepala Perwakilan pada kesempatan tersebut dalam sambutannya menjelaskan bagaimana tujuan terbentuknya Bumdes. Dengan adanya Bumdes, kegiatan usaha ekonomi melalui pengelolaan usaha serta pengembangan investasi dapat dilakukan. Selanjutnya, kegiatan pelayanan umum melalui penyediaan barang dan jasa serta pemenuhan kebutuhan masyarakat desa dan juga dapat memperoleh keuntungan untuk peningkatan pendapatan asli desa adalah merupakan beberapa tujuan Bumdes. Selain itu, Bumdes juga dapat berguna dalam pemanfaatan asset desa untuk menciptakan nilai tambah atas asset desa tersebut. 
 
Diakhir sambutannya, Kepala Perwakilan mengharapkan Bimtek ini terlaksana dengan baik agar peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan Bumdes di daerah masing-masing.
 
Sementara itu Bupati Maros dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa sesuai dengan RPJMD Kabupaten Maros 2021 - 2026, Pembangunan desa dalam jangka panjang ditujukan untuk memperkuat dasar-dasar sosial ekonomi perdesaan. Pembangunan desa diarahkan untuk mengembangkan sumber daya manusianya dengan meningkatkan kualitas hidup, kemampuan, keterampilan dan prakarsanya dalam memanfaatkan segala potensi di desanya. Oleh karena itu dengan dilaksanakannya Bimtek ini maka dapat menjadi bagian dari upaya memajukan Bumdes di kab. Maros.
 
Bimbingan teknis SIA Bumdes yang dilaksanakan selama beberapa hari kedepan ini dilakukan dengan cara tatap muka dan secara virtual.