BPKP Sulsel Selenggarakan Diklat Penjenjangan Auditor Ahli Muda bagi APIP

Makassar, Senin 27 September 2021. BPKP Provinsi Sulawesi Selatan telah resmi membuka pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Penjenjangan Auditor Ahli Muda  bagi 33 peserta di Lingkungan Inspektorat Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara dan Papua. Hadir Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap, didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Risparanto, Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara 2 Joko Mulyono, dan Koordinator Bidang Investigasi 1 Zainuri.

Kepala Perwakilan dalam sambutannya menyampaikan bahwa visi reformasi birokrasi pemerintah Republik Indonesia yakni mewujudkan pemerintahan berkelas dunia (World Class Goverment). Visi ini menjadi sangat relevan dan aktual untuk bisa diwujudkan dengan membangun SDM pengawasan berkualitaas untuk mewujudkan APIP yang berkapasitas. Perjuangan mewujudkan masyarakat indonesia yang bebas dari KKN membutuhkan dukungan salah satunya dari aparatur pengawasan baik di Kementerian, Lembaga maupun, Daerah, dan unit kerja pemerintah lainnya.

Dalam teori manajemen kita mengenal 3 lini pertahanan manajemen (The 3 Line of Defence), lini 1 dan 2 adalah lini pemangku risiko, pengelola risiko, dan pengelola kegiatan. APIP berada pada lini 3 dan berperan untuk memberikan jasa assurance dan consulting kepada lini 1 dan 2 memberikan dukungan dengan kegiatan pengawasan dalam rangka memastikan efektifitas dari sistem pengendalian dan manajemen risiko yang telah dilaksanakan. APIP merupakan bagian dari manajemen, sebagai auditor intern bertanggungjawab melakukan penilainan kepada kegiatan yang dilaksanakan lini 1 dan 2 secara obyektif, tujuannya adalah untuk memberi nilai tambah bagi pencapaian tujuan organisasi.

APIP perlu meningkatkan kapabilitasnya melalui peningkatan SDM. Beliau juga mengungkapkan bahwa kontribusi individu akan mempengaruhi kontribusi dari keseluruhan, dan berpesan untuk melaksanakan yang bisa dilakukan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, mulai sekarang dimulai dari yang terkecil. "jika seluruh orang melakukan hal yang sama maka akan memberikan dampak yang luar biasa sekali." ungkapnya dalam sambutan pembukaan.

Pelatihan dilaksanakan selama 10 hari mulai 27 September sampai dengan 7 Oktober 2021 di Hotel Best Western Plus Makassar. (Kominfo BPKP Sulsel/ Dew)