Jaga Akuntabilitas Desa, Pangkep Bimtek Siswaskeudes

Makassar (27/9), Telah dilaksanakan pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) implementasi aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) Angkatan I  pada Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan di ruang rapat Kantor Perwakilan BPKP Sulsel, Senin 27 September 2021.
 
Hadir pada kesempatan Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Arman Sahri Harahap bersama Bupati Pangkajene dan Kepulauan Muh. Yusran Lologau serta Inspektur Kabupaten Pangkajene Kepulauan dan Korwas APD II. 
 
Pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan menyampaikan latar belakang digunakannya aplikasi Siswaskeudes dalam melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan di desa. Menurutnya, kondisi desa yang sangat beragam memerlukan aplikasi yang dapat digunakan dalam kondisi tersebut, selain itu belum ada aplikasi yang menggunakan teknik audit berbantuan komputer untuk pengawasan keuangan desa. Oleh karena itu sesuai mandat yang diberikan kepada APIP Pemerintah Daerah maka aplikasi Siswaskeudes tersebut dapat memberikan solusi dalam melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan di desa.
 
Sementara itu Bupati Pangkajene dan Kepulauan dalam arahannya mengharapkan adanya tambahan pengetahuan yang didapatkan para peserta dalam bimtek ini, sehingga setelah bimbingan teknis aplikasi Siswaskeudes ini selesai dilaksanakan maka dapat diimplementasikan dengan baik untuk menjaga akuntabilitas keuangan di desa. "Saya berharap bimtek yang akan dilaksanakan selama tiga hari ini diikuti sebagaimana mestinya, sehingga nantinya dapat diimplementasikan dalam menjaga akuntabilitas keuangan desa", ucap Bupati.
 
Sebelumnya, dilaksanakan pula penandatanganan dukungan Kepala Daerah kepada AAIPI dan APIP dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan di daerah oleh Bupati Pangkajene dan Kepulauan.
 
Kominfo-BPKP Sulsel