BPKP Sulsel Bantu Kawal Penyaluran 70 ribu Paket Bansos Kota Makassar

MAKASSAR (28/8) – Tim Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan melakukan pengawasan terhadap penyaluran 70 ribu paket bansos Kota Makassar, pada gudang-gudang penyedia paket bansos sebagai titik awal distribusi kepada warga, Sabtu (28/8) 2021.

Pelaksanaan pengawasan dilakukan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan sejak proses pengadaan, penyaluran bansos kepada warga, dan pertanggungjawaban. Pada tahap perencanaan, tim BPKP memberikan pendampingan dan asistensi terkait tata kelola (Governance), risiko (Risk), dan pengendalian (Control) bantuan sosial, sedangkan pada tahap penyaluran, tim melakukan pengawasan langsung ke lapangan.

Pada tahap pertama, bansos yang disalurkan sebanyak 6 ribu paket dari 70 ribu paket yang direncanakan. Pengawasan dilaksanakan secara langsung pada tiga titik distribusi, yaitu pada gudang PT.Bulog, gudang PT.Pertani, dan gudang Benteng Mart. Tim melakukan observasi terhadap kualitas dan kuantitas paket sembako yang disalurkan, dan melihat langsung proses distribusi dari penyedia barang/jasa kepada Kecamatan dan Kelurahan.

Melalui Kelurahan, Bansos akan disalurkan langsung ke rumah masyarakat terdampak dan rentan terhadap kondisi pandemi covid-19 yang belum menerima paket bantuan sosial lainnya seperti PKH dan BST dari pemerintah pusat. Penyaluran bansos akan dilakukan secara bertahap pada 70 ribu calon penerima setelah dilakukan evaluasi terhadap penyaluran bansos tahap pertama. (Kontributor berita/ Bidang APD Perwakilan BPKP Sulsel)