Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

BLUD memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan secara mandiri
14 Pebruari 2020 12:38:07 / sulsel / dibaca: 365 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan Sosialisasi Implementasi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Workshop Penyusunan Rencanan Bisnis Anggaran (RBA) Rumah Sakit milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang diikuti oleh para direktur dari  7 Rumah Sakit, serta dihadiri  pula oleh Pejabat yang mewakili Gubernur, Anggota Komisi E DPRD, dan Pimpinan Satuan Kerja terkait. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Mercure  Nexa Pettarani Makassar pada tanggal 13-15 Februari 2020.

Kegiatan Sosiallisasi diawali dengan sambutan Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, dr.M.Ichsan Mustari,kemudian sambutan dan arahan dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Arman Sahri Harahap. Kegiatan tersebut  dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan,yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi, TautotoTana Ranggina.

Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi  Sulawesi Selatan mengharapkan ketujuh rumah sakit dapat memahami aturan BLUD dan mampu menyusun dokumen RBA sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 79 Tahun 2018 tentang BLUD, sebagai pengganti Permendagri Nomor 61 Tahun 2007 tentang PedomanTeknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah.

Penerapan Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 diharapkan sebagai upaya dalam menjadikan Rumah Sakit sebagai sentra pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. Dengan pengelolaan RSUD menggunakan pola BLUD, yang memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan secara mandiri, diharapkan dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat dan memberikan dampak positif kepada APBD.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan menyambut baik pelaksanaan kegiatan yang diprakarsai Dinas Kesehatan ini dan menyatakan akan selalu komit untuk memberikan bimbingan teknis terkait implementasi BLUD di Rumah Sakit milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Secara khusus, Beliau berharap pola BLUD dapat memacu Rumah Sakit di lingkungan Pemprov SulSel untuk memberikan layanan terbaik seperti pelayanan Rumah Sakit  di negeri jiran, Malaysia.

Asisten III Pemprov. SulSel membacakan sambutan tertulis Gubernur dan membuka kegiatan, menyampaikan rasa terima kasih Gubernur Sulawesi Selatan atas bimbingan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan terhadap implementasi pola BLUD pada 7 Rumah Sakit di lingkungan Pemprov. SulSel. Gubernur menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan kepada masyarakat merupakan prioritas dan berharap tidak ada lagi komplain masyarakat terkait pelayanan Rumah Sakit.

Setelah pelaksanaan sosialisasi,  kegiatan dilanjutkan dengan Workshop Penyusunan RBA dengan menggunakan sumber data riil, sehingga peserta diharapkan telah mandiri dalam menyusun RBA pada tahun-tahun berikutnya.  (Ayu_AN)



Share      

Berita Terkait:

12 Pebruari 2020 15:12:12 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP SulSel dalam Penilaian dan Pembentukan BLUD
07 Pebruari 2020 15:17:29 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP SulSel Kawal BLUD RS Lamaddukkelleng Wajo
29 Januari 2020 19:45:57 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Implementasi Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 pada 7 RSUD di Provinsi Sulawesi Selatan
19 Januari 2020 08:40:41 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Implementasi menuju BLUD pada RSKD Dadi SulSel
02 Agustus 2019 15:45:04 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Akuntabilitas Tata Kelola Keuangan dalam Aplikasi SIA BUM-Des


 



 


Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id