APIP Inspektorat Diklat Audit Berbasis Risiko di Makassar

Diklat tersebut direncanakan berlangsung selama lima hari kedepan sejak Senin 5 Agustus hingga Jumat 9 Agustus 2019 yang dilaksanakan di Gedung Pengelola Diklat BPKP Sulsel, Makassar.

Hadir mendampingi Kepala Perwakilan dalam pembukaan diklat tersebut, Korwas P3A Iman Setyadi bersama Instruktur dari Pusdiklatwas BPKP, Danang Wijayanto serta hadir pula seluruh peserta diklat sebanyak 38 orang APIP Inspektorat dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala Perwakilan dalam sambutannya mengharapkan seluruh peserta dapat menyerap ilmu yang disampaikan instruktur sehingga pada saat kembali ke instansi masing-masing dapat memberikan nilai tambah dalam proses penyusunan perencanaan kegiatan audit yang berbasis risko. Kaper juga menghimbau kepada peserta diklat bahwa sebagai APIP harus dapat memberikan kontribusi yang lebih terutama dalam peningkatan kualitas akuntabilitas keuangan pemerintah daerah.

Selanjutnya, APIP juga dalam melaksanakan pengawasan harus mampu memberikan keyakinan yang memadai, mendorong peningkatan tata kelola yang baik serta dapat berfungsi sebagai early warning system atau sistem peringatan dini terkait dengan penyusunan anggaran dan pelaksanaan pembangunan pada pemerintahan di daerah. (ipL)