Pemkab Gowa Raih Level 3 Kapabilitas APIP

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Muchlis, Inspektur Gowa Kamsinah beserta seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gowa, hadir pula dalam rangka studi banding, Inspektorat Kota Jayapura dan Inspektorat Kabupaten Majene.

Wakil Bupati Gowa dalam sambutannya mengatakan bahwa APIP mempunyai fungsi yang sangat penting dalam perannya sebagai penjamin mutu untuk menyelenggarakan pemerintah daerah dan menjadi mitra konsultasi bagi stakeholder serta mampu menjalankan fungsi pembinaan dengan berlandaskan integritas yang tinggi demi terciptanya tatakelola pemerintah yang baik dan bersih.

Rauf Malaganni juga menyampaikan terima kasih kepada BPKP Sulsel atas bimbingan dan pembinaannya sehingga Kapabilitas APIP Kabupaten Gowa dapat mencapai level 3, dimana pada level ini APIP Kab. Gowa sudah mampu menilai efesiensi, efektifitas, ekonomis dan mampu memberikan konsultansi pada tatakelola pemerintahan, serta dapat menerapkan manajemen risiko dan pengendalian intern.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Sulsel, Arman Sahri Harahap diawal sambutannya memberikan apresiasi atas pencapaian Kab. Gowa dalam meraih level 3 Kapabilitas APIP, Arman juga menyatakan bahwa Pemkab Gowa layak menjadi mitra utama BPKP karena telah menggunakan keseluruhan tools yang dikembangkan BPKP yang terkait dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas akuntabilitas keuangan dan pembangunan.

Selanjutnya, dari 548 Pemerintah Daerah yang ada di Indonesia, hanya 8 Pemda yang sudah mencapai level 3, ada 2 Pemerintah Provinsi, 2 Pemerintah Kota dan 4 Pemerintah Kabupaten, sementara di Sulawesi Selatan ada 2 Pemkab yang mencapai level 3 yaitu Sidrap dan Gowa. “Yang membedakan dari 8 Pemerintah Daerah dalam mencapai level 3 kapabilitas APIP adalah Pemkab Gowa mendapat predikat level 3 tanpa catatan, Pemda yang lain mencapai level 3 dengan catatan, artinya apabila dalam mencapai level 3 terdapat catatan maka ada hal-hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum diberikan surat pengantar level 3”, ungkap Kaper Arman.

Pencapaian level 3 kapabilitas APIP pada Pemkab Gowa merupakan konstribusi seluruh aparatur Pemkab Gowa khususnya Pimpinan Pemerintah Daerah yaitu Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah serta upaya keras yang dilakukan inspektorat Kabupaten Gowa dalam meraih level 3 tersebut. (Humas-sulsel/ipL)