Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

BPKP SulSel Perkuat Inspektorat Kabupaten Poso dalam Diklat Audit Investigatif
30 Oktober 2018 09:39:01 / sulsel / dibaca: 158 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pendidikan dan Pelatihan Audit Investigatif bagi pegawai Aparat Pengawas Internal Pemerintah di lingkungan Inspektorat Kabupaten Poso digelar mulai tanggal 22 Oktober s.d. 26 Oktober 2018 di Hotel Ibis Makasar. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap hadir pemberikan arahan sekaligus membuka diklat ini didampingi Korwas Investigasi 2 Ali Ikhsan, Korwas P3A Iman Setyadi, dan Inspektur Kabupaten Poso Abram Sigilipu.

 

Di awal sambutannya, Arman menyampaikan turut prihatin atas musibah bencana alam gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi yang melanda Sulawesi Tengah. Arman juga menginformasikan bahwa bersama Kepala BPKP, ia berkesempatan mengunjungi dan melihat langsung  kondisi di sana serta berharap kondisi ini cepat pulih kembali.

"Semoga cobaan ini bisa cepat kembali normal dan masyarakat Palu, Donggala, dan Sigi, serta Sulteng secara keseluruhan bisa melalui cobaan-cobaan ini dengan sebaik-baiknya, dan bisa kembali normal kehidupannya seperti sedia kala", ucap Arman.

Dalam melaksanakan audit investigatif, auditor perlu memiliki mental yang kuat mengingat orang yang akan kita hadapi bukan orang biasa, melainkan orang-orang yang memiliki kekuasan (power). Akan ada banyak tekanan yang kita hadapi nantinya. Setelah mendapat ilmu dalam diklat ini, Arman berharap para peserta bisa menjunjung tinggi profesionalisme, Independensi dan integritas.

Jika kita melakukan audit investigatif secara semborono, maka kita akan berkontribusi menjadikan seseorang sebagai tersangka akibat kelalaian kita, dengan bukti yang tidak cukup, tetapi dipaksakan karena ada pressure (tekanan). Untuk itu, Kaper menghimbau agar lebih berhati-hati dalam menyikapi hal tersebut. Dalam banyak kasus, kita harus berani memutuskan tidak menerima permintaan audit investigatif, maupun PKKN, jika tidak didukung dengan data-data yang benar. Karena nantinya, produk pengawasan kita akan di uji di pengadilan.

Harapan Arman pada diklat ini agar para narasumber bisa melakukan simulasi sederhana tentang sidang pada suatu kasus secara lebih banyak. Pada saat palu diketuk tanda dimulainya diklat  tersebut, Arman memberikan apresiasi  kepada Inspektur dan Pemerintah Kabupaten Poso yang telah mempercayakan penyelenggaraan diklat ini kepada Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga kerja sama ke depanya tetap berjalan dengan baik.

humas bpkp sulsel (tony sairdekut)                                    



Share      

Berita Terkait:

23 Oktober 2018 12:18:09 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembukaan Diklat Audit Investigatif di BPKP SulSel
17 September 2018 15:00:43 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
APIP harus Kompeten untuk Beri Nilai Tambah
14 September 2018 09:05:40 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Selenggarakan Diklat Evaluasi Implementasi SAKIP
03 September 2018 12:30:30 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Penutupan Diklat Penyusunan KKA Bagi Pegawai APIP Inspektorat
30 Agustus 2018 17:45:39 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Kaper Sulsel Buka Diklat KKA bagi APIP dilingkungan Inspektorat


 



 


Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id