Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

KPK dan BPKP Gelar Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP
14 September 2018 09:08:37 / sulsel / dibaca: 45 kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Makassar (27/8) - Bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP se Provinsi Sulawesi Selatan batch 2. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Perwakilan BPKP Provinsi Sulsel dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 27 Agustus s.d 30 Agustus 2018 yang diikuti oleh 49 peserta dari APIP se-Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP bagi pegawai di lingkungan APIP se-Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan bentuk kerjasama antara KPK bersama LKPP, Perwakilan BPKP Prov. Sulsel, Kejaksaan Tinggi, dan Kepolisian. Acara dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sulsel Arman Sahri Harahap yang menyampaikan bahwa upaya  pemberantasan korupsi sudah dilakukan secara masif dari waktu ke waktu, dan harus terus dilakukan karena korupsi dapat merusak tata kelola pemerintahan. 

Arman berharap bahwa peserta mampu memahami materi yang disampaikan dalam workshop ini, yaitu terkait probity audit, audit investigasi, peningkatan kapabilitas APIP dan maturitas SPIP. Materi akan difokuskan dengan penekanan/pada materi probity audit. Penentuan materi tersebut dilatarbelakangi oleh fakta bahwa banyak kasus korupsi di Indonesia yang berasal dari kegiatan pengadaan barang/jasa. Menurut KPK hal tersebut disebabkan karena 30%-40% APBN dan APBD adalah untuk kegiatan pengadaan barang dan jasa.

"Dalam pelaksanaan probity audit, APIP perlu memahami kemungkinan-kemungkinan kecurangan proses mulai dari tahap perencanaan kebutuhan barang sampai dengan tahap serah terima barang. APIP adalah adalah mata dan telinga Kepala Daerah," jelas Arman. APIP diharapkan mampu memberikan konsultasi mengenai risk, governance & control serta mampu memberikan early warning system jika terjadi penyimpangan. Dengan demikian maka diharapkan bibit-bibit korupsi semakin berkurang. (Humas sulsel)

 


Share      

Berita Terkait:

05 Juli 2018 08:12:09 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Deputi Invetigasi Buka Workshop Strategi Pemberantasan Korupsi
17 Oktober 2017 09:24:24 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Penguatan Implementasi Siskeudes Wilayah Sulawesi Selatan
25 September 2017 14:50:05 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Workshop SIMDA Perencanaan dalam rangka Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Sulawesi Selatan
09 Mei 2017 12:40:01 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
KPK dalam Rapat Koordinasi dan Supervisi pemberantasan korupsi terintegrasi di Sulawesi Selatan
31 Desember 2015 09:13:27 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Integrasi Integritas dengan SPIP Kunci Pencegahan Fraud


 



 


Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id