Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

BINCANG PAGI SPIP: Mewujudkan Good Governance dan Clean Goverment
04 Juni 2018 07:46:59 / sulsel / dibaca: 260 kali / Kat: SPIP

Selasa tanggal 8 Mei 2018, bertempat di Aula kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan telah diadakan kegiatan Bincang Pagi Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang dihadiri oleh 37 peserta yang terdiri dari Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan, 8 Sekretaris Daerah Kabupaten/kota, 3 Asisten II, 22 Inspektur Kabupaten/Kota, serta staf Pemda.

Kegiatan tersebut diisi dengan sharing pengalaman oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dan beberapa Sekretaris Daerah maupun Inspektur Kabupaten/Kota seputar permasalahan-permasalahan maupun saran perbaikan terkait Implementasi Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di daerah kabupaten/kota masing-masing.

Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dalam sharingnya menyampaikan bahwa Provinsi Sulawesi Selatan telah mendapatkan predikat WTP selama 7 kali berturut-turut. Untuk mempertahankan predikat tersebut, salah satu hal yang telah dilakukan adalah menerapkan e-planning, e-budgeting, e-procurement, e-payment, dan berbagai sistem informasi yang dapat meminimalisir kecurangan. Selain itu, setiap unit organisasi harus memiliki sistem pengendalian intern yang baik. Jika unit terkecil suatu organisasi sudah baik, maka keseluruhan organisasi pun akan menjadi baik.

Didik Krisdiyanto selaku Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan dan moderator dalam acara tersebut, mengatakan bahwa Sistem Pengendalian Intern yang dibangun tidak harus kaku, tetapi sesuai dengan kompleksitas ukuran organisasi, namun bisa berinovasi yang mengacu pada tujuan organisasi. Salah satu hal yang paling penting adalah membangun soft control, yaitu integritas dan etika, sehingga peraturan dapat dilaksanakan dengan baik dan untuk mendukung hal tersebut diperlukan implementasi SPIP. Implementasi SPIP yang baik pada level 3 diharapkan mampu mendeteksi, memitigasi, mencegah, mengatasi penyimpangan atau mampu menjada diri dari fraud dan  mengurangi dan meminimalisir tipikor yang terjadi.

Demikian juga Kapabilitas APIP pun perlu didorong ke level 3 agar mampu memberi nilai tambah, mampu memberi  early warning dan memberi rekomendasi yang solutif kepada pimpinan atas risiko yg ada. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan target RPJMN dapat segera tercapai, yaitu Maturitas Penyelenggaraan SPIP pada Pemerintah Daerah dapat berada pada level 3.

(Humas BPKP Sulsel/apd)

 


Share      

Berita Terkait:

27 September 2016 13:58:29 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kaper Didik Krisdiyanto Membuka Diklat SPIP bagi Pegawai Kemenkes RI Bapelkes Makassar
26 Agustus 2016 16:51:01 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Start Up Pilot Project Peningkatan Maturitas SPIP pada Pemkot Palopo
30 Juni 2016 11:14:20 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pemkab. Enrekang Butuh Bantuan dan Kerjasama BPKP
31 Mei 2016 07:24:24 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Komitmen APIP Sulsel mengawal Peningkatan Maturitas SPIP
14 Oktober 2015 07:33:26 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
WTP, Wujud Integrasi SAP Accrual dengan SPIP


 



 


Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id