Coaching Clinic Guna Percepatan Peningkatan Kapabilitas APIP

Guna percepatan peningkatan kapabilitas APIP diselenggarakan kegiatan coaching clinic yang dilaksanakan selama dua hari mulai dari hari Kamis (12/04) hingga Jumat (13/04) tersebut dikuti sebanyak sebelas orang peserta yang berasal dari Inspektorat Kabupaten Bone, Toraja Utara, dan Kota Parepare. Masing-masing inspektorat tersebut pada saat ini masih berada di posisi level dua dengan perbaikan atau belum sepenuhnya memenuhi indikator pemenuhan di level dua.

Berbeda halnya dengan indikator-indikator pemenuhan level tiga yang menghendaki pengimplementasian pedoman-pedoman yang telah dibuat, indikator-indikator pemenuhan level dua memiliki sifat yang lebih mengarah ke pembangunan infrastruktur pengawasan seperti halnya penyusunan piagam audit hingga pedoman-pedoman pelaksanaan pengawasan.

Narasumber berasal dari pejabat fungsional auditor Bidang P3A, Damargo Hadiono dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan memberikan pemaparan materi mengenai infrastruktur dan tata cara pengimplementasian pedoman yang dikehendaki dalam kartu skoring penilaian kapabilitas APIP yang berdasarkan IACM Model.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan infrastruktur pengawasan di lingkungan inspektorat, sehingga dapat secepatnya diimplementasikan dan membuahkan hasil yang diinginkan, yaitu kemampuan APIP untuk memberikan pencegahan/peringatan dini ketika terjadi penyelewengan di lingkungan pemerintah daerah.

Humas BPKP Sul Sel (Putri/Tony)