Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

BPKP Sul Sel Tingkatkan Maturitas SPIP APIP Inspektorat
03 April 2018 09:57:43 / sulsel / dibaca: 5378 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Di tahun 2016, 85 persen kasus yang ditangani oleh KPK adalah kasus korupsi di bidang pengadaan barang dan jasa. APIP sebagai pertahanan pertama organisasi diharapkan mampu mengidentifikasi kecurangan dan bertindak sebagai pemberi sinyal ketika kecurangan terjadi serta diharapkan untuk melaporkannya kepada pimpinan organisasi. Dalam rangka meningkatkan kompetensi APIP dalam melaksanakan fungsi tersebut sekaligus untuk mengasah kemampuan indera APIP  dalam  melaksanakan tugasnya. Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Diklat Penilaian Maturitas SPIP bagi APIP di lingkungan Inspektorat yang direncanakan akan berlangsung selama lima hari (5/3) hingga (9/3).

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Didik Krisdiyanto, menyampaikan bahwa perintah penerapan penyelenggaraan sistem pengendalian internal di lingkungan pemerintahan pusat maupun daerah telah berlangsung selama kurang lebih sepuluh tahun sejak 2008. Perintah tersebut didasari oleh keinginan pemerintah untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, meningkatkan keandalan laporan keuangan, dan terciptanya ketaatan terhadap peraturan perundangan. Namun, pada saat ini masih marak terjadi tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintahan yang secara langsung mempengaruhi citra APIP sebagai pengawas penyelenggaraan SPIP.

Didik mengatakan, sebagaimana dengan level kapabilitas APIP yang diharapkan mencapai level tiga, dalam RPJMN, tingkat maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah diharapkan juga mencapai level tiga, yang artinya kuatnya APIP diharapkan mampu mengurangi terjadinya penyalahgunaan wewenang. Namun selain itu, masih terdapat hal-hal yang sifatnya uncontrollable atau berada di luar kemampuan APIP untuk mencegahnya.

“Peningkatan level kapabilitas SPIP ke level tiga berarti APIP telah mampu ikut serta memberikan rekomendasi yang solutif dan bernilai tambah dalam pengelolaan pemerintahan.” kata Didik pada Pembukaan Diklat Penilaian Maturitas SPIP pada hari Senin (05/03).

Didik menambahkan, tugas APIP sebagai pengawas penyelenggaraan SPIP bukan hanya berperan untuk melakukan penilaian SPIP namun juga wajib menerapkan pelaksanaan SPIP di instansinya masing-masing. Selain itu, selain penguatan infrastruktur yang bersifat hard control, penyelenggaraan SPIP juga harus memperhatikan penguatan pemahaman serta penciptaan lingkungan yang kondusif bagi penyelenggaraan pengendalian yang bersifat soft cotrol.

Pada penyelenggaraannya, diklat ini menghadirkan narasumber dari para Koordinator Pengawasan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah peserta sebanyak tiga puluh orang. Peserta diklat tidak hanya berasal dari APIP di Provinsi Sulawesi Selatan namun juga terdapat peserta yang berasal dari Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Indonesia bagian timur.

Humas  BPKP SulSel (Putri/Tony)



Share      

Berita Terkait:

04 Mei 2018 15:14:57 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Uji Kompetensi Inppasing JFA
04 Mei 2018 09:13:46 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel Perkuat APIP /Inspektorat melalui Diklat Penilaian Angka Kredit JFA
27 April 2018 06:21:50 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sulsel Tingkatkan Kompetensi Auditor APIP
26 April 2018 16:43:54 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Fokus Pengawasan APIP bergeser ke arah Pengawasan Kinerja
05 April 2018 15:24:18 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Seminar Perencanaan, Penganggaran, Penatausahaan, dan Pertanggungjawaban Aset Daerah


 



 


Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id