Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Kab Tana Toraja Tingkatkan Kapabilitas Pengelolaan Keuangan Desa
27 September 2017 10:03:00 / sulsel / dibaca: 8622 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Senin, 4 September 2017 di Ruang Pola Kantor Bupati Tana Toraja, Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae membuka Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sulawesi Selatan, Kapolres Tana Toraja, Kajari Tana Toraja, Kepala OPD terkait, Camat dan Kepala Lembang.

Didik Krisdiyanto, dalam sambutannya menyatakan bahwa pengelolaan keuangan desa memerlukan SDM yang memadai, membutuhkan komitmen dan integritas dari aparatur desa sehingga tidak terjadi tindakan pelanggaran hukum dalam pengelolaan keuangan desa. Kepala Perwakilan kembali menegaskan salah satu Nawacita yang dicanangkan oleh Presiden yaitu pembangunan Indonesia dari pinggiran, oleh karena itu dibutuhkan peran dan partisipasi dari berbagai pihak mulai dari Kepala Daerah, OPD terkait  termasuk kecamatan dan aparatur desa. Akhir sambutannya, kepala perwakilan mengajak seluruh aparatur desa agar senantiasa mengikuti aturan pengelolaan keuangan desa yang berlaku.

Bupati Tana Toraja, dalam arahannya menegaskan agar seluruh aparatur lembang melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku “Saya tidak ingin ada kepala lembang yang bersentuhan dengan terali besi”. Bupati Tana Toraja   menargetkan kepada OPD terkait termasuk para Camat melakukan sinkronisasi  RPJMDesa dan RPJMD Kabupaten Tana Toraja. Nicodemus Biringkanae juga mendorong pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan menyatakan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja akan memfasilitasi pembentukan BUMDes pada masing-masing lembang dengan terlebih dahulu dilakukan evaluasi oleh OPD terkait.

Bimtek peningkatan kapasitas aparatur desa/lembang Pemerintah Kabupaten Tana Toraja tentang pengelolaan keuangan desa dengan aplikasi SISKEUDES yang akan berlangsung selama 7 hari sejak tanggal 4 s.d 10 September 2017. Kegiatan ini di ikuti oleh 112 Desa/Lembang (setiap lembang 3 orang masing-masing terdiri dari kepala lembang, sekretaris lembang dan bendahara lembang) yang dibagi dalam tiga angkatan.

Pada kegiatan ini dihadirkan narasumber Kapolres Tana Toraja AKBP. Yohanis Richard Adrians dan Kasat Intel Kejaksaan Negeri Tana Toraja Amri, SH, MH untuk memberi pembekalan kepada Camat, Kepala Lembang. Narasumber mengharapkan agar tidak ada aparatur lembang di Kabupaten Tana Toraja yang bersentuhan dengan hukum. Aparatur lembang jangan pernah berniat untuk mencari keuntungan sendiri, harus ada transparansi dalam penggunaan dana desa dan melaksanakan pengelolaan keuangan desa sesuai dengan aturan yang berlaku.

Humas BPKP Sul Sel /Abigael

 



Share      

Berita Terkait:

09 April 2019 18:05:06 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Penyusunan Kertas Kerja Audit di Lingkungan Inspektorat
09 April 2019 18:00:47 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Audit Kinerja Inspektorat Kabupaten Konawe Kepulauan
28 Maret 2019 08:40:00 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP SulSel menyelenggarakan Diklat JFA Penjenjangan Auditor Muda
14 Maret 2019 12:50:29 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP SulSel Perkuat Inspektorat Polman dalam Diklat SPIP Integratif
06 Desember 2018 10:07:20 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP SulSel Perkuat SPI Universitas Hasanuddin Makassar


 



 


Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id