Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

BPKP Sul Sel Perkuat APIP Inspektorat dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
15 Agustus 2017 08:44:31 / sulsel / dibaca: 296 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Dalam PP Nomor 101 tahun 2000, tujuan diklat adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan serta sikap untuk  dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional. Penyelenggaraan Diklat  “Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah bagi pegawai APIP diLingkungan Inspektorat” bertujuan agar para peserta dapat menyusun laporan Keuangan Pemerintah Daerah berbasis akrual sesuai dengan standar pelaporan yang baik. Peserta pelatihan sebanyak  28 orang,  berasal dari APIP Inspektorat /Kabupaten  /Kota dari wilayah Barat, Tengah, Timur Indonesia dan  Provinsi Sulawesi Selatan, dilaksanakan di Kantor Pengelola Diklat Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan dimulai hari Senin tanggal 24 sampai dengan 28 Juli atau selama        5 hari kerja.

Isi Berita :

Kepala Perwakilan Didik Krisdiyanto pada pembukaan Diklat penyampaikan bahwa, Peran APIP sangat strategis dalam rangka mengawal pembangunan di wilayah masing-masing. Kejadian-kejadian yang terjadi di daerah dimana masih terdapat KKN, salah satunya boleh jadi dikarenakan peran APIP belum optimal. Independensi APIP belum maksimal seperti yang diharapkan, masih ada ketergantungan karena Inspektorat masih berada di bawah Kepala Daerah.

Lanjut Kaper, Selain peran APIP yang belum optimal dari segi SDM perlu peningkatan yang lebih jauh lagi, karena diharapkan kapabilitas APIP Inspektorat harus mencapai level 3, artinya sudah bisa mendeteksi adanya korupsi, bisa memberikan peringatan dini, memberikan nilai tambah,  ini belum banyak karena sebagian besar masih di level 1 artinya, masih biasa-biasa saja.  Sudah melaksanakan pengawasan, namun belum optimal tindak lanjutnya.  Aparat pengawasan Internal sudah berubah, kalau dulu dengan istilah watchdog, sekarang lebih banyak ke peningkatan kapabilitas, memberikan nilai tambah pada mitra kerja (obyek audit) dan sudah bergeser kepada konsultatif.

Kaper menegaskan, Diklat ini untuk melatih Aparat APIP dalam menyusun Laporan Keuangan, sehingga diharapkan dapat berguna pada saat melakukan reviu laporan keuangan APIP Inspektorat. Untuk itu diberikan pemahaman lewat Diklat ini, bagaimana mereviu dan menyusun laporan keuangan. Reviu sifatnya dari belakang ke depan, sedangkan menyusun laporan keuangan dari depan ke belakang.

Fasilitator diklat seluruhnya berasal dari  Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, dengan materi diklat meliputi Akuntansi Keuangan Daerah,  Akuntansi SKPKD  selaku SKPD, Akuntansi PPKD, Laporan Keuangan SKPD,  Laporan Konsolidasi dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Pada akhir pidatonya, Kaper mengharapkan pendidikan dan pelatihan ini bermanfaat bagi aparat APIP Inspektorat dalam mereviu dan membantu menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah berbasis akrual.

humas bpkp sulsel /tony



Share      

Berita Terkait:

15 Agustus 2017 09:40:07 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel Selenggarakan Diklat Penjenjangan JFA Muda bagi Pegawai APIP
14 Agustus 2017 14:36:32 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Sertifikasi JFA Pembentukan Auditor Pertama
27 April 2017 13:49:24 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel bersama Pemerintah Daerah Siap Mengawal Dana Desa yang Akuntabel
20 April 2017 13:54:30 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tantangan APIP dalam memberikan rekomendasi yang strategis dan solutif
12 April 2017 14:31:08 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Penilaian Angka Kredit PFA


 



 


Alamat Kantor Perwakilan

Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id