Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Diklat Sertifikasi JFA Pembentukan Auditor Pertama
12 Juli 2017 08:40:47 / sulsel / dibaca: 190 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Fungsi pengawasan harus diisi oleh orang-orang yang kompeten untuk pelaksanaan tugas. Perkembangan profesi audit internal saat ini sangat menuntut auditor yang profesional atas berbagai upaya pelaksanan audit yang dilaksanakan. Hanya auditor yang memiliki kinerja baik dan terbaiklah yang dapat dipertahankan. Prinsipnya adalah lebih baik memiliki jumlah auditor terbatas (jumlah yang sedikit) tetapi dengan kompetensi tinggi dan memadai dari pada memiliki jumlah auditor yang banyak tetapi dengan kompetensi dan kemampuan yang terbatas. Fungsi pengawasan membutuhkan orang-orang yang memiliki daya intelegensia tinggi, intuitif, imajinatif, dan inisiatif tinggi. Untuk  peningkatan profesionalisme Aparat APIP, Kantor pengelola Diklat Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama ADB (Asian Development Bank) dengan program STAR, telah menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi JFA pembentukan Auditor  Pertama bagi Pegawai APIP  Daerah dan BPKP se-Sulawesi Selatan yang  dihadiri oleh Plh Kaper, Korwas P3A, Kabag Tata Usaha, Kasubag kepegawaian, panitia,  dan peserta diklat bertempat di Hotel Maxone Makassar, Senin (10/7).

Didik Krisdiyanto dalam sambutan pembukaan diklat yang dibacakan  oleh Korwas IPP1  Muh. Akbar Dewa, selalu Plh Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa peran APIP semakin strategis dan bergerak mengikuti kebutuhan zaman. APIP diharapkan menjadi agen perubahan yang dapat menciptakan nilai tambah pada produk atau layanan instansi pemerintah. APIP sebagai pengawas intern pemerintah merupakan salah satu unsur manajemen pemerintah yang penting dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governace)  yang mengarah pada perintah /birokrasi yang bersih (clean govermant).

Pemerintah mencanangkan Reformasi Birokrasi yang bertujuan untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang bersih, dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta mampu melayani publik. APIP merupakan bagian didalamnya serta sudah semestinya berkontribusi positif dalam mencapai hal tersebut. Kompotensi standar yang harus dimiliki oleh auditor adalah kompetensi umum, kompetensi teknis auidt intern, serta kompetensi kumulatif.

Lanjut Plh Kaper, sejalan dengan hal tersebut diatas, maka diklat ini merupakan salah satu langkah strategis yang harus dilakukan dalam rangka  merespon tuntutan APIP yang kompeten, dan profesional dalam menjalankan peran dan fungsinya, sehingga mampu melahirkan para auditor yang handal.

Diklat ini didanai oleh program STAR (State Accountability  Revitalization) yang merupakan kerjasama antara BPKP dan ADB (Asian Development Bank). Star merupakan kegiatan yang diinisiasi Pemerintah Rupublik Indonesia dalam mendukung penguatan akuntabilitas negara.

Harapan Kepala Perwakilan semoga pendidikan dan pelatihan yang didanai oleh program STAR dapat diikuti dengan sungguh-sungguh sehingga dapat lulus memperoileh sertifikat Auditor Pertama dan dapat diterapkan dalam menjalanakan tugas nantinya. Demikian Plh Kaper  mengakhiri membacakan sambutannya.

Humas bpkp sulsel /tony



Share      

Berita Terkait:

27 April 2017 13:49:24 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel bersama Pemerintah Daerah Siap Mengawal Dana Desa yang Akuntabel
20 April 2017 13:54:30 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tantangan APIP dalam memberikan rekomendasi yang strategis dan solutif
12 April 2017 14:31:08 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Penilaian Angka Kredit PFA
22 Maret 2017 11:10:51 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Suasa Kelas Diklat Audit Investigatif dan Diklat Pembentukan Auditor Ahli
20 Maret 2017 09:12:54 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembukaan Diklat Audit Investigatif dan Diklat pembentukan Auditor Ahli


 



 


Alamat Kantor Perwakilan

Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id