Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Tantangan APIP dalam memberikan rekomendasi yang strategis dan solutif
20 April 2017 13:54:30 / sulsel / dibaca: 860 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Audit kinerja adalah pemeriksaan secara objektif dan sistematik terhadap berbagai macam bukti, untuk dapat melakukan penilaian secara independen atas  kinerja entitas atau program /kegiatan Pemerintah yang diaudit.

Makassar Senin (17/04/17)bertempat di Kantor Pengelola Diklat BPKP Sulawesi Selatan telah dilaksanakan pembukaan "Pendidikan dan Pelatihan Audit Kinerja Pemerintah Daerah bagi  Pegawai di Lingkungan Pemerintah Daerah" oleh Kepala Perwakilan Didik Krisdiyanto didampingi Kabag Tata Usaha Sutisno selaku penanggung jawab diklat, Korwas PA3, Kasubag Kepegawaian, Tim Pengajar dan panitia penyelenggara. Diklat tersebut dilaksanakan selama 5 hari kerja  (17 s.d 21 April 2017) diikuti oleh 30  peserta dari Inspektorat Provinsi Kabupaten /Kota  Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua,  Kalimantan, dan Sumatera. Diklat dibuka dengan ketukan palu dan penyamatan tanda peserta.

Dalam sambutanya Kepala Perwakilan menyampaikan selamat datang kepada peserta diklat di Kantor Pengelola Diklat BPKP Sulawesi Selatan. Diklat sekarang ini tidak lagi harus diselenggarakan di Pusdiklatwas Ciawi, karena BPKP telah membuka tiga kantor Pengelola Diklat, yaitu di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatra Utara untuk wilayah  Indonesia Barat, Kantor Perwakilan Bali untuk wilayah Indonesia Tengah, dan Kantor Perwakilan BPKP Sulawesi Selatan untuk wilayah Indonesia Timur.

Aparat Internal (BPKP, Itjen, Inspektorat Provinsi, Kabupaten dan Kota) menduduki peran yang sangat strategis karena APIP harus mampu memberikan rekomendasi yang strategis dan solutif dengan nilai tambah bagi peningkatan kinerja organisasi. Peran Aparat Pengawasan sangat strategis  namun belum efektif, salah satunya adalah peran APIP.   Sudah banyak kepala daerah yang tersangkut masalah korupsi (Gubernur /Bupati) dimana peran APIP belum bisa memberikan advis.

Dalam sambutannya juga Kepala Perwakilan menyampaikan, saat Menteri membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Rusrembang) di Bandung menyatakan masih banyak Kepala Daerah baik di tingkat Provinsi, maupun Kabupaten kinerjanya belum maksimal antara target dan capaian kinerja banyak yang tidak sesuai. Banyak anggaran yang mubasir tidak singkron antara outcome dan kegiatan. Lanjut Kepala Perwakilan ada  193 daerah yang program kerjanya tidak maksimal karena ketidaksesuaian antara target dan capaian. Ini adalah contoh dari beberapa daerah yang tidak fokus pada perencanaan di daerahnya. Inilah lingkup dari Auidt Kinerja yang memerlukan  berbagai disiplin ilmu, dan pengetahuan yang luas tentang bisnis proses.

Dari hasil evaluasi  kapabilitas APIP yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, APIP di wilayah Sulawesi Selatan masih banyak yang level 1 pada target level 3, artinya belum mampu memberikan solusi, mencegah korupsi dan memberikan rekomendasi yang strategis yang bisa meningkatkan kinerja, karena ilmu pengetahuannya masih bersifat individu sehingga sekarang sudah harus diorganisasi, akan lebih efektif dalam meningkatkan kinerja.

Lanjut Kepala Perwakilan,  Tantangan APIP yakni menjadi mitra dalam memberikan masukan  kepada pimpinan dengan rekomendasi yang solutif. Pergeseran peran APIP yang dulunya Watchdog (menunggu dan mencari-cari kesalahan) tapi sekarang telah berubah menjadi konsultan dan lebih fokus pada pengendalian internal pemerintah.  BPKP sampai saat ini juga masih melakukan audit kinerja. Demikian kaper mengakhiri sambutanya.

humas bpkp sulsel /tony



Share      

Berita Terkait:

15 Agustus 2017 09:40:07 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel Selenggarakan Diklat Penjenjangan JFA Muda bagi Pegawai APIP
15 Agustus 2017 08:44:31 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel Perkuat APIP Inspektorat dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
14 Agustus 2017 14:36:32 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Sertifikasi JFA Pembentukan Auditor Pertama
27 April 2017 13:49:24 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel bersama Pemerintah Daerah Siap Mengawal Dana Desa yang Akuntabel
12 April 2017 14:31:08 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Penilaian Angka Kredit PFA


 



 


Alamat Kantor Perwakilan

Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id