Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Pembukaan Diklat Audit Investigatif dan Diklat pembentukan Auditor Ahli
20 Maret 2017 09:12:54 / sulsel / dibaca: 1130 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Dalam audit investigasi, seorang auditor memulai suatu audit dengan praduga  /indikasi akan adanya kemungkinan kecurangan dan kejaharan yang akan diidentifikasi dan diungkapkan melalui audit investigatif yang akan dilaksanakan. Audit Investigatif seharusnya dilaksanakan oleh orang-orang yang mempunyai pengalaman dan keahlian dalam melaksanakan audit tersebut. Auditor Investigatif juga perlu mempunyai pemahaman yang cukup tentang hal-hal yang akan di audit, dan juga harus mempunyai pemahan yang cukup tentang ketentuan-ketentuan hukum dalam pengungkapan suatu kasus.

Makassar, Senin (13/03/17) bertempat di Kantor  Pengelolaan Diklat BPKP Makassar, Kepala Perwakilan BPKP Sul Sel yang diwakili Purwo Utomo  membuka Diklat Audit Investigatif dan Diklat Pembentukan Audtor Ahli  didampingi Korwas P3A Iman Setyadi sebagai penanggung jawab, dan Kabag Tata Usaha Sutisno sebagai ketua panitia penyelenggaraan Diklat, dan para pengajar, Peserta Diklat adalah APIP Inspektorat Provinsi /Kabupaten /Kota se-provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Jambi, dan Sumatera Selatan, serta Instansi terkait dengan pengawasan. Jumlah peserta Diklat  69 orang yang terbagi atas dua kelas. Diklat Audit Investigatif  30 orang, dan Diklat pembentukan Auditor Ahli 39 orang.

Diklat  Audit Investigatif akan berlangsung  (5 hari)  dari tanggal 13 s.d 17 Maret 2017, sedangkan Diklat Pembentukan Auditor Ahli berlangsung dari tanggl  13 Maret s.d 04 April 2017. (20 hari). Diklat tersebut dibuka secara resmi dengan ketukan palu dan penyamatan tanda peserta  diklat  oleh    Purwo Utomo yang mewakili Kaper, dan Iman Setyadi Korwas P3A selaku penanggung jawab diklat disaksikan Kabag Tata Usaha Sutisno sebagai Ketua Panita penyelenggara Diklat.

Dalam Sambutannya mewakili Kepala Perwakilan Korwas Investigasi 1 Purwo Utomo menyampaikan bahwa pembangunan yang semakin pesat dan alokasi anggaran yang semakin besar, mau tidak mau memerlukan fungsi pengawasan yang memadai. Dengan adanya Diklat Pembentukan Auditor Ahli diharapkan dapat meningkatkan kemampuan auditor dalam melaksanakan fungsi pengawasan. Pesatnya pembangunan dan besarnya dana, risiko dari keadaan tersebut adalah adanya kebocoran anggaran ataupun kecurangan. Dengan adanya Diklat Audit Investigatif diharapkan dapat menangani kasus-kasus yang terjadi dengan baik, demikian Purwo Utomo mengakhiri sambutannya.

Humas bpkp sulsel/tony 



Share      

Berita Terkait:

15 Agustus 2017 09:40:07 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel Selenggarakan Diklat Penjenjangan JFA Muda bagi Pegawai APIP
15 Agustus 2017 08:44:31 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel Perkuat APIP Inspektorat dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
14 Agustus 2017 14:36:32 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Sertifikasi JFA Pembentukan Auditor Pertama
27 April 2017 13:49:24 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel bersama Pemerintah Daerah Siap Mengawal Dana Desa yang Akuntabel
20 April 2017 13:54:30 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tantangan APIP dalam memberikan rekomendasi yang strategis dan solutif


 



 


Alamat Kantor Perwakilan

Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id