Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Kaper Didik Kridiyanto membuka Diklat Audit Berbasis Risiko bagi pegawai APIP dan SPI Unhas
21 Pebruari 2017 08:05:50 / sulsel / dibaca: 1036 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Sebagaimana yang disebutkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2000, tujuan diadakannya diklat secara umum adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan serta sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional yang dilandasi kepribadian dan etika Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai kebutuhan instansi.

Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan difasilitasi Pusdiklatwas BPKP menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Audit Berbasis Risiko (ABR) bagi pegawai APIP bagi pegawai APIP Daerah dan Satuan Pengawas Intern Universitas Hasanuddin bertempat di Kantor Pengelola Diklat BPKP Wilayah Indonesia Timur di Makassar.

Sebagaimana yang disebutkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2000, tujuan diadakannya diklat secara umum adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan serta sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional yang dilandasi kepribadian dan etika Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai kebutuhan instansi. Hadir dalam acara tersebut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Didik Krisdiyanto, Kabag Tata Usaha Sutisno selaku ketua panitia penyelenggara diklat Kasubag Kepegawaian  Edy Prasetiyo selaku sekretaris  panitia, dan ketua SPI Universitas Hasanuddin  yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Amiruddin.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan menyatakan, Presiden sudah  mencanangkan bahwa di tahun 2019, peningkatkan level kapabilitas APIP menuju level 3, artinya suatu level yang mampu memberikan rekomendasi yang sifatnya solutif, kemudian bisa mendeteksi kecurangan maupun korupsi dan memberikan konsultatif dalam rangka mencapai tujuan visi dan misi suatu organisasi. Sampai sekarang baru 60% berada di level 1, artinya melakukan audit itu masih biasa-biasa saja kapasitasnya masih bersifat individu, jadi belum terstruktur dengan baik  artinya kemampuan atau pengetahuan yang dimiliki masih bersifat individu-individu sehingga belum sharing pengetahuan dalam suatu organisasi.

Diharapkan dengan diklat-diklat yang dirancang ini mampu meningkatkan kapabilitas APIP dengan cara meningkatkan kapasitas masing-masing auditor. Kaper menjelaskan pula bahwa, ditengarai carut marutnya pengelolaan keuangan dan pembangunan, ini salah satunya adala andil APIP, karena belum mampu memberikan rekomendasi  yang memberi solusi atas pencapaian tujuan, sehingga presiden terus menerus menghimbau untuk terus meningkatkan kapabilitas APIP, dan BPKP telah berkoordinasi dengan APIP lainnya bagaimana di tahun 2019 tercapai. Audit Berbasis Risiko ini memang seyogyanya di terapkan pada  organisasi yang manajemen risikonya itu sudah baik. Banyak instansi pemerintah yang belum berpeduli risiko. Kalau diperbankan hal tersebut telah diterapkan manajemen risiko.

Pejabat Instansi  pemerintah belum banyak berpikir faktor risiko. Risiko bukan akibat dari suatu kejadian yang terjadi, tetapi kemungkinan yang menghambat pencapaian tujuan suatu instansi, dan hal tersebut yang perlu diidentisifikasi sehingga Manajemen Risiko dapat dipahami oleh pimpinan. Dijelaskan pula aspek yang harus dipahami auditor dalam melaksanakan ABR yakni mengidentifikasi area yang memiliki dampak hambatan capaian tersebut. Dalam Undang-Undang Nomor 3 tahun 2004 tentang Pemda, dan Undang-Undang Nomor 30  tahun 2014,tentang Administrasi negara, memberikan kewenangan kepada APIP  membantu Kepala Daerah dalam membina dan mengawasi perangkat daerah melalui pengawasan dalam larangan. Hal ini menjadi tugas buat APIP dalam menjaga integritas, profesionalisme, kapabilitasnya dan independen, demikian Kaper mengakhiri sambutannya.

Humas BPKP Sul Sel /Tony



Share      

Berita Terkait:

27 April 2017 13:49:24 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel bersama Pemerintah Daerah Siap Mengawal Dana Desa yang Akuntabel
20 April 2017 13:54:30 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tantangan APIP dalam memberikan rekomendasi yang strategis dan solutif
12 April 2017 14:31:08 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Penilaian Angka Kredit PFA
22 Maret 2017 11:10:51 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Suasa Kelas Diklat Audit Investigatif dan Diklat Pembentukan Auditor Ahli
20 Maret 2017 09:12:54 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembukaan Diklat Audit Investigatif dan Diklat pembentukan Auditor Ahli


 



 


Alamat Kantor Perwakilan

Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id