Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Kembangkan Kapasitas PFA, BPKP Sulsel adakan Workshop SIA BLUD dan SIA PDAM
23 Januari 2017 10:36:58 / sulsel / dibaca: 1463 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Dalam rangka menjalankan fungsi consulting, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan selalu berupaya untuk melakukan pengembangan kapasitas sumber daya manusia, khususnya dalam menginstalasi dan mengoperasikan Aplikasi SIA BLUD dan SIA PDAM.
Selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 19 – 20 Januari 2017, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Workshop Sistem Informasi Akuntansi Badan Layanan Umum Daerah (SIA BLUD) dan Sistem Informasi Akuntansi Perusahaan Daerah Air Minum (SIA PDAM) untuk membekali para Pejabat Fungsional Auditor (PFA) dalam rangka melaksanakan penugasan consulting. Workshop dilaksanakan di Ruang Laboratorium Komputer yang sangat lengkap dan nyaman pada Pusdiklat Pengawasan yang berada di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan.
 
Dalam sambutan saat membuka Workshop tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Didik Krisdiyanto mengharapkan kepada seluruh peserta Workshop untuk selalu menjaga trust dari Mitra Kerja. Salah satu modal dalam menjaga trust tersebut adalah dengan selalu meningkatkan kompetensi. Selain itu, modal yang tidak kalah pentingnya adalah menjunjung tinggi integritas sesuai yang ditandatangani dalam Pakta Integritas.
 
Kepada para Nara Sumber yang berasal dari Bidang Akuntan Negara, Kepala Perwakilan menyampaikan terima kasihnya dan mendorong seluruh PFA untuk selalu sharing pengetahuan dan ketrampilan masing-masing. SIA BLUD termasuk prioritas materi yang di-workshop-kan pasca launching Aplikasi SIA BLUD oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, karena telah beberapa Direktur Rumah Sakit Umum Daerah yang mengirimkan surat permintaan untuk instalasi SIA BLUD. Permintaan tersebut harus segera direspon dengan menugaskan Tim Bimbingan Teknis yang kompeten. 
 
SIA BLUD perlu di-workshop-kan sebagai refreshment untuk para PFA yang baru rolling ke Bidang Akuntan Negara dari Bidang lainnya, sehingga standar mutu layanan di Bidang Ke-Akuntan Negara-an tetap terjaga.
 
Pada akhir sambutannya, Kepala Perwakilan memberikan tip untuk mempertahankan kualitas layanan kepada Mitra Kerja di tengah keterbatasan anggaran pengawasan, yaitu melalui persiapan pra penugasan yang baik, memulai penugasan secara fokus, mengolah dan menganalisis data secara cepat, tepat, dan akurat, serta menjaga komunikasi dengan Mitra Kerja, dan mengakhiri penugasan setelah mendapat umpan balik dari Mitra Kerja.
 
Kegiatan ditutup oleh Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara II Triyono JP dengan harapan seluruh peserta mencoba dan memperdalam pemahaman terhadap Aplikasi SIA BLUD dan SIA PDAM secara mandiri pasca workshop. Selain itu, dalam waktu dekat direncanakan untuk melakukan pengembangan kapasitas PFA di Bidang Ke-Akuntan Negara-an meliputi pemahaman terhadap Good Corporate Governance (GCG), Manajemen Risiko, Sistem Pengendalian Intern Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) beserta pedoman evaluasinya.
humas bpkp sulsel /triJP


Share      

Berita Terkait:

27 September 2017 10:03:00 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Kab Tana Toraja Tingkatkan Kapabilitas Pengelolaan Keuangan Desa
27 September 2017 09:39:18 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sulsel Tingkatkan Kapabilitas Audit Barang Milik Daerah APIP
27 September 2017 08:41:46 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
APIP Prov Sulsel Tingkatkan Sinergi dan Kompetensi
27 September 2017 08:31:55 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel Perkuat APIP Inspektorat dalam Audit Pengadaan Barang dan Jasa
15 Agustus 2017 09:40:07 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel Selenggarakan Diklat Penjenjangan JFA Muda bagi Pegawai APIP


 



 


Alamat Kantor Perwakilan

Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id