Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

BLUD Memiliki Peran Strategis Untuk Berkontribusi Bagi Pemerintah Daerah
21 Desember 2016 10:14:34 / sulsel / dibaca: 415 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Dalam situasi keuangan negara yang belum kondusif pada sekarang ini BLU/BLUD yang memiliki keunggulan bersaing memiliki peran strategis  untuk memberikan kontribusi bagi keuangan daerah dan negara.  “Willingness” pimpinan daerah dan BLUD sangat menentukan BLUD untuk  mencapai                “Good Agency Governance” sehingga organisasi semakin sehat dan akuntabel, mampu memberikan pelayanan yang berkualitas, meningkatkan kesejahteraan pegawai, dan memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah, demikian disampaikan Deputi  Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Gatot Darmasto,  dalam Workshop Peningkatan Kualitas Pengelolaan Keuangan BLUD  yang diselenggarakan di Aula Perwakilan BPKP Propinsi Selatan, selasa  tanggal 20 Desember 2016.

Acara yang dibuka  Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Ir. H. Agus Arifin Nu’mang, MS diselenggarakan oleh Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Asada) dan difasilitasi Perwakilan BPKP Propinsi Sulawesi Selatan dihadiri oleh Pimpinan RSU Daerah dan Puskesmas  se- Sulawesi Selatan. Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur menyampaikan BLUD harus dapat memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah dan apresiasi  kepada BPKP yang telah menyiapkan aplikasi sistem informasi sehingga memudahkan BLUD menyusun laporan keuangan sesuai standar, meningkatkan akuntabilitas dan  transparansi pengelolaan keuangan.

Kepala Perwakilan BPKP Propinsi Sulawesi Selatan, Didik Krisdiyanto, menyampaikan SIA BLU merupakan salah satu produk BPKP disamping produk lainnya  seperti Sistem Informasi Keuangan Daerah, Sistem Informasi Barang Milik Daerah yang dapat dimanfaatkan pemerintah daerah khususnya RSUD sehingga memudahkan dalam pengawasan dan pengendalian serta pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Arsada, Dr. dr Leo Prawitodiharjo, SpOG, M.Kes. Phd,  Sistem Informasi BLUD yang difasilitasi BPKP mudah dipahami sehingga memudahkan pihak Rumah Sakit  menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangan kepada Kepala Daerah.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai  BLUD oleh Direktur Pengawasan BUMD  I Nyoman Sardinana, dan simulasi penggunaan SIA BLU seperti untuk modul pertanggungjawaban bendaharawan, modul piutang dan utang oleh tim dari Deputi Akuntan Negara.

Humas BPKP SulSel/Tony



Share      

Berita Terkait:

16 Pebruari 2017 08:56:10 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
DPRD Lutra Konsultasi dengan BPKP terkait Deviden PDAM ke Pemda
07 Pebruari 2017 07:24:06 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
PT Pelindo IV (Persero) Harapkan BPKP Mengawal Pengembangan Makassar New Port
13 Desember 2016 07:58:49 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bimtek Sistem Informasi Manajemen Hasil Pengawasan (SIM-HP) pada Kabupaten Bantaeng
05 Desember 2016 14:43:36 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kaper BPKP Sulsel, Didik Kridiyanto menjadi Narasumber Gelar Pengawasan Daerah Kabupaten Bantaeng
29 Nopember 2016 13:58:47 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Tingkatkan Sinergitas antara APIP dan APH melalui LARWASDA Kabupaten Maros Tahun 2016


 



 


Alamat Kantor Perwakilan

Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id