Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Kaper BPKP Sul Sel Didik Krisdiyanto Membuka Diklat Penjenjangan Auditor Ahli Muda
18 Oktober 2016 12:38:11 / sulsel / dibaca: 2087 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Jabatan Fungsional Auditoradalah jenis jabatan fungsional pada Aparatur Sipil Negara  di Indonesia yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian atau keterampilan di bidang pengawasan, dan bersifat mandiri. Jabatan Fungsional Auditor dibentuk dengan tujuan untuk menjamin pembinaan profesi dan karier, kepangkatan dan jabatan pagi Aparatur Sipil Negara (ASN)  yang melaksanakan pengawasan pada instansi pemerintah.  Jenjang jabatan dalam JFA  terdiri dari Auditor Trampil dan Auditor Ahli.

Pusdiklatwas BPKP difasilitasi Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan  telah menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan ”Sertifikasi Penjenjangan Jabatan Fungsional Auditor Muda bagi Pegawai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) di Lingkungan Inspektorat” bertempat di Kantor Pengelola Diklat BPKP Sulawesi  Selatan selama dua belas  hari kerja mulai tanggal 17 Oktober sampai dengan 1 November 2016, yang diikuti oleh 35 orang peserta pelatihan dari Inspektorat Kabupaten /Kota se Sulawesi Selatan dan dari Inpektorat Sulawesi Barat. Tujuan dan sasaran diklat  adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, serta keterampilan dalam melaksanakan tugas jabatan secara profesional.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Didik Krisdiyanto dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) harus bisa  memberikan rasa aman dan nyaman kepada pimpinan, jangan sampai pimpinan terjerumus ke tindakan yang melanggarkan hukum. Presiden telah mencanangkan dalam RJPMN /RJPMD bahwa kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah harus meningkat ke level 3, artinya APIP mampu memberikan peringatan dini, konsultatif, dan bisa ikut serta dalam memberantas korupsi.

Kelemahan APIP adalah komitmen pimpinan masih kurang, bahkan banyak  yang sudah  diangkat dalam Jabatan Fungsional Auditor yang sudah mengikuti diklat penjenjangan dan pindah jalur bahkan berkinerja baik, setelah kembali ke instansi masing-masing ditempatkan pada bidang / bagian  yang tidak sesuai dengan bidang keilmuannya, karena pimpinan merasa terganggu dengan keberadaan auditor tersebut. Diharapkan di masa mendatang hal tersebut  tidak terjadi. Meskipun  keputusan ada pada Kepala Daerah, paling tidak APIP bisa memberikan masukan dan saran alternatif pemecahan suatu permasalahan. Audutor harus selangkah lebih maju, bahkan bisa  lima langkah lebih  tahu /paham dari yang diawasi.

Peningkatan kapabilitas APIP akan mampu mengefektifkan peran APIP dan memberikan keyakinan yang memadai atas tujuan penyelengaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah dalam memberikan peringatan dini, efektivitas manajemen risiko, dan peningkatan tata kelola. Kaper juga berhadap dalam akhir sambutannya, semoga pendidikan dan pelatihan tersebut bermanfaat dalam penerapannya.

humas bpkp sulsel/tony



Share      

Berita Terkait:

04 Mei 2018 15:14:57 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Uji Kompetensi Inppasing JFA
04 Mei 2018 09:13:46 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel Perkuat APIP /Inspektorat melalui Diklat Penilaian Angka Kredit JFA
27 April 2018 06:21:50 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sulsel Tingkatkan Kompetensi Auditor APIP
26 April 2018 16:43:54 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Fokus Pengawasan APIP bergeser ke arah Pengawasan Kinerja
05 April 2018 15:24:18 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Seminar Perencanaan, Penganggaran, Penatausahaan, dan Pertanggungjawaban Aset Daerah


 



 


Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id