Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Kaper BPKP Sul Sel Didik Krisdiyanto Membuka Pendidikan dan Pelatihan Diklat Audit Kinerja
11 Oktober 2016 13:22:05 / sulsel / dibaca: 1107 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Kinerja suatu organisasi dinilai baik jika organisasi yang bersangkutan mampu melaksanakan tugas-tugas dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan pada standar yang tinggi dengan biaya yang rendah. Kinerja yang baik bagi suatu organisasi dicapai ketika administrasi dan penyedia jasa oleh organisasi yang bersangkutan dilakukan pada tingkat yang yang telah ditentukan. Audit yang dilakukan dalam suatu audit kinerja meliputi audit ekonomi, efesiensi dan efektivitas. Penekanan kegiatan pada audit  ekonomi, efisiensi dan efektivitas suatu organisasi memberikan ciri khas yang membedakan audit kinerja dengan audit jenis lainnya.

Perwakilan BPKP Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Inspektorat Provinsi yang difasilitasi  Pusdiklatwas BPKP telah menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan ”Audit Kinerja Pemerintah Daerah bagi Pegawai APIP di Lingkungan Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan” bertempat di Kantor Pengelola Diklatwas BPKP Sulawesi  Selatan selama lima hari mulai tanggal 10 Oktober sampai dengan 14 Oktober 2016, yang diikuti oleh 30 orang peserta pelatihan. Tujuan dan sararan diklat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, serta keterampilan dalam melaksanakan tugas jabatan secara profesional yang dilandasi dengan kepribadian dan etika PNS, dan para peserta diharapkan mampu menerapkan audit kinerja dalam perencanaan audit tahunan dan pelaksanaan audit individu.

Inspektur Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Irban IV Abidin Sabbang dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan audit kinerja  ini terlaksana atas kerja sama BPKP Sul Sel dengan Inspektorat Provinsi merupakan salah satu upaya penting dalam rangka peningkatan kinerja, kemampuan, profesionalisme bagi  PFA  dalam lingkup Inspektorat. Audit kinerja diharapkan bermanfaat untuk  mengetahui apakah sumber daya organisasi telah diperoleh dan dipergunakan secara ekonomis dan tidak terjadi pemborosan/kebocoran salah alokasi, dan salah saran dalam mencapai tujuan. Audit kinerja berfungsi untuk mengetahui apa penggunaan sumberdaya dalam rangka mencapai target dan tujuan dan tidak melanggar ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Didik Krisdiyanto dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa dengan otonomi daerah,  pengelolaan keuangan  telah diserahkan dari pemerintah pusat ke pemerintah  daerah. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor  60  Tahun 2008, Audit kinerja adalah audit atas pengelolaan keuangan negara dan pelaksanaan tugas fungsi instansi pemerintah yang terdiri dari aspek kehematan, efisiensi, dan efektivitas. Audit kinerja memerlukan disiplin ilmu yang banyak.  Kinerja suatu organisasi dinilai baik jika organisasi yang bersangkutan mampu melaksanakan tugas-tugas dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan pada standar yang tinggi dengan biaya sehemat mungkin. Audit yang dilakukan dalam suatu audit kinerja meliputi audit ekonomi, efesiensi dan efektivitas. Penekanan kegiatan pada audit  ekonomi, efisiensi dan efektivitas suatu organisasi memberikan ciri khas yang membedakan audit kinerja dengan audit jenis lainnya.

Semoga pendidikan dan pelatihan Diklat Audit Kinerja ini  bermanfaat dalam penerapannya pada saat melaksanakan tugas di lapangan, pungkas Didik mengakhiri sambutannya.

humas bpkp sulsel/tony.



Share      

Berita Terkait:

12 Juli 2017 08:40:47 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Sertifikasi JFA Pembentukan Auditor Pertama
27 April 2017 13:49:24 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel bersama Pemerintah Daerah Siap Mengawal Dana Desa yang Akuntabel
20 April 2017 13:54:30 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tantangan APIP dalam memberikan rekomendasi yang strategis dan solutif
12 April 2017 14:31:08 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Penilaian Angka Kredit PFA
22 Maret 2017 11:10:51 / sulsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Suasa Kelas Diklat Audit Investigatif dan Diklat Pembentukan Auditor Ahli


 



 


Alamat Kantor Perwakilan

Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id