Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Kaper Didik Krisdiyanto Membuka Diklat SPIP bagi Pegawai Kemenkes RI Bapelkes Makassar
27 September 2016 13:58:29 / sulsel / dibaca: 5336 kali / Kat: SPIP

SPIP sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan, dan telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, bahkan diamanatkan pada Undang-Undang tentang Perbendaharaan Negara, sehingga mau tidak mau harus  dilaksanakan dan diterapkan oleh  Menteri, Gubernur,Bupati /Walikota, dan seluruh pimpinan Instansi Pemerintah. Sebaik-baiknya Sitem pengendalian, namun apabila SDM yang terlibat didalamnya kurang mumpuni maka pengendalian tersebut tidak dapat berjalan dengan baik. Yang menentukan jalannya pemerintahan adalah mind set kita.

Dalam rangka aktivitas pengendalian, pemerintah telah menerbitkan berbagai Undang-Undang tapi pada kenyataannya masih banyak terjadi penyimpangan, hal tersebut  bukan disebabkan peraturannya namun oleh pelaksanaannya, dan komintmen SDM nya yang masih kurang. Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Didik Krisdiyanto pada pembukaan Diklat Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bagi Pegawai di Lingkungan Kementerian Kesehatan RI di Balai Besar Penelitian Kesehatan (BBPK) Makassar.

SPIP sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan, dan telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, bahkan dimanatkan pada Undang-Undang tentang Perbendaharaan Negara, sehingga mau tidak mau harus  dilaksanakan dan diterapkan oleh  Menteri, Gubernur,Bupati /Walikota, dan seluruh pimpinan Instansi Pemerintah. Sebaik-baiknya Sitem pengendalian namun apabila SDM yang terlibat didalamnya kurang mumpuni maka pengendalian tersebut tidak dapat berjalan dengan baik. Yang menentukan jalannya pemerintahan adalah mind set kita.

Dalam rangka aktivitas pengendalian, pemerintah telah menerbitkan berbagai Undang-Undang tapi pada kenyataannya masih banyak terjadi penyimpangan, hal tersebut  bukan disebabkan peraturannya namun oleh pelaksanaannya, dan komintmen SDM nya yang masih kurang.

Sistem Pengendalian  Internal itu ada 5 unsur, yang harus kita pahami  (1) Lingkungan Pengendalian, artinya situasi yang menciptakan kondisi  terkendali. (2) Penilaian Risiko, yang sudah diterapkan dalam perbankan dan corporate, namun dalam pemeritahan masih merupakan hal yang baru (3) Aktivitas Pengendalian, artinya kegiatan pengendalian itu sendiri (4) Informasi dan Komunikasi (5) Pemantauan/Monitoring, Lingkungan pengedalian menjadi pokok karena kasus-kasus yang terjadi banyak bersumber dari kurangnya pengendalian, artinya pelaksanaan kegiatan yang perlu dikendalikan.

Tidak hanya aktivitas pengendalian, tapi yang harus dirubah adalah lingkungan pengendalian, integritasnya, etikanya, komitmennya, kemudian peningkatan kompetensi, artinya soft  control yang harus diperhatikan. Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Didik Krisdiyanto pada pembukaan Diklat Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bagi Pegawai di Lingkungan Kementerian Kesehatan RI di Balai Besar Penelitian Kesehatan (BBPK)  Makassar. Kegiatan diklat tersebut terselenggara  atas kerja sama Kementerian Kesehatan RI dengan Pusdiklatwas BPKP dan Perwakilan BPKP Sulawesi Selatan.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala BBPK Makassar  La Ode Musafin, Ketua Panitia, Narasumber, pejabat struktural dilingkungan BBPK Makassar, dan para peserta. Diklat  akan berlangsung selama lima hari kerja dari tanggal 19 September 2016 s.d 23 diikuti oleh peserta dari Kementerian Kesehatan sebanyak 30 orang, diklat  bertempat di Balai Penelitian Kesehatan (Bapelkes) Kawasan Indonesia Timur di Makassar.

humas bpkp sulsel/tony.



Share      

Berita Terkait:

19 Nopember 2018 11:05:38 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP SulSel Mengawal Pengendalian Intern Pemkab Takalar
04 Juni 2018 07:46:59 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
BINCANG PAGI SPIP: Mewujudkan Good Governance dan Clean Goverment
26 Agustus 2016 16:51:01 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Start Up Pilot Project Peningkatan Maturitas SPIP pada Pemkot Palopo
30 Juni 2016 11:14:20 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pemkab. Enrekang Butuh Bantuan dan Kerjasama BPKP
31 Mei 2016 07:24:24 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Komitmen APIP Sulsel mengawal Peningkatan Maturitas SPIP


 



 


Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id