Start Up Pilot Project Peningkatan Maturitas SPIP pada Pemkot Palopo

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama BPKP Sulsel dan Pemerintah Kota Palopo tersebut dihadiri Plt. Sekeretaris Daerah Kota Palopo yang mewakili Walikota Palopo, Inspektur Kota Palopo, para Kepala SKPD dan Jajarannya serta para Camat dalam lingkup Pemerintah Kota Palopo.

Diawal sambutannya Plt. Sekda Kota Palopo menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPKP yang telah banyak membantu sehingga terjadi perubahan-perubahan kearah yang lebih baik pada Pemkot Palopo apalagi dengan berhasilnya meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI atas LKPD Kota Palopo tahun 2015. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa dengan dijadikannya Kota Palopo sebagai Pilot Project perubahan peningkatan Maturitas SPIP menandakan bahwa Kota Palopo dalam penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah telah berjalan dengan baik.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Sulsel, Didik Krisdiyanto dalam sambutan menyampaikan selamat kepada pemerintah kota palopo yang telah mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian, "namun WTP bukanlah tujuan akhir yang akan kita capai akan tetapi WTP hanya akibat dari proses pengelolaan keuangan yang dilaksanakan dengan baik dan telah dipertanggungjawabkan dalam bentuk laporan keuangan", ungkap Kaper.

Dilanjutkan Kaper, sebagaimana amanah dari peraturan Presiden No. 2 tahun 2015 tentang RPJMN, dijelaskan bahwa dalam RPJMN ini terdapat penetapan target indikator pembangunan bidang aparatur negara dan pengarusutamaan tata kelola pemerintahan yang baik, sehingga diharapkan kepada Pemerintah Daerah agar target indikator dalam RPJMN tersebut dituangkan dalam RPJMD, hal itu meliputi kinerja keuangan rata-rata nasional WTP untuk Pemerintah Daerah tahun 2019 bagi pemda kabupaten 60% dan pemkot 65%, sementara itu mengenai Implementasi penyelenggaraan SPIP berupa tingkat maturitas SPIP berada pada level 3 yakni terdefenisi, serta Kapabilitas APIP juga berada pada level 3.

“Berdasarkan hasil penilaian, Pemkot Palopo masih berada pada level 2 yakni berkembang namun SPIP sudah berjalan karena indikatornya sudah jelas dengan diperolehnya opini WTP, artinya Sistem pengendalian Internal dalam penyelenggaraan kegiatan sudah berjalan namun belum melibatkan secara keseluruhan karena masih dimiliki individu-individu dan belum dilakukan evaluasi”. lanjut Kaper

Diakhir kegiatan dilakukan penandatanganan Start Up Pilot Project Perubahan Peningkatan Maturitas SPIP melalui Rencana Tindak Pengendalian pada Pemerintah Kota Palopo. (humas Sulsel,ipl)