Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Pemkab. Enrekang Butuh Bantuan dan Kerjasama BPKP
30 Juni 2016 11:14:20 / sulsel / dibaca: 3733 kali / Kat: SPIP

Selasa, 21 Juni 2016 diruang Pola Kantor Bupati Enrekang diselenggarakan kegiatan Sosialiasi Implementasi SPIP dalam pengelolaan keuangan dan aset daerahbagi Pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Enrekang dengan narasumber tunggal Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Didik Krisdiyanto. Acara tersebut dihadiri Bupati Enrekang, Drs. H. Muslimin Bando beserta seluruh Pimpinan SKPD serta para Camat.

Kaper BPKP Sulsel, menyampaikan bahwa optimalisasi keberadaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan salah satu prioritas penguatan kerangka kelembagaan yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019, sebagai garda terdepan dalam upaya pencegahan korupsi di Internal Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. SPIP yang telah diselenggarakan di lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah, harus terus ditingkatkan maturitasnya secara menyeluruh dan terintegrasi dengan kegiatan operasional Pemerintah Pusat/Daerah. Peningkatan Maturitas Sistim Pengendalian Intern pada Pemerintah Daerah melalui Rencana Tindak Pengendalian adalah hal yang harus dilaksanakan untuk mempercepat implementasi SPIP secara terintegrasi dengan fungsi managerial sehingga dapat memenuhi tujuan SPIP yaitu untuk memberikan keyakinan atas tercapainya tujuan organisasi yang efektif dan efisien, keandalan laporan keuangaan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Sementara itu Bupati Enrekang, menegaskan pengelolaan keuangan selama ini telah berjalan dengan baik namun masih ada banyak kendala sehingga mempengaruh pemberian opini dari BPK terhadap laporan keuangan pemerintah kabupaten Enrekang. Bupati juga berharap bantuan dan kerjasama BPKP mendampingi Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan permasalahan yang adatermasuk dalam fasilitasi perubahan mengelola keuangan. Pemerintah Kabupaten Enrekang ingin ada perubahan, baik itu perubahan tingkah laku, mindset, tata cara, perilaku serta karakter dalam mengelola keuangan. Di akhir acara Bupati memberi dukungan terhadap peningkatan matusritas SPIP yang ditandai dengan penandatanganan dukungan dalam peningkatan maturitas SPIP.



Share      

Berita Terkait:

04 Juni 2018 07:46:59 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
BINCANG PAGI SPIP: Mewujudkan Good Governance dan Clean Goverment
27 September 2016 13:58:29 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kaper Didik Krisdiyanto Membuka Diklat SPIP bagi Pegawai Kemenkes RI Bapelkes Makassar
26 Agustus 2016 16:51:01 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Start Up Pilot Project Peningkatan Maturitas SPIP pada Pemkot Palopo
31 Mei 2016 07:24:24 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Komitmen APIP Sulsel mengawal Peningkatan Maturitas SPIP
14 Oktober 2015 07:33:26 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
WTP, Wujud Integrasi SAP Accrual dengan SPIP


 



 


Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id