Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Komitmen APIP Sulsel mengawal Peningkatan Maturitas SPIP
31 Mei 2016 07:24:24 / sulsel / dibaca: 4386 kali / Kat: SPIP

Pada hari Kamis 26 Mei 2016 bertempat di AulaKantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan diselenggarakan acara Bimbingan Teknis Penilaian Tingkat Maturitas Penyelenggaraan SPIP bagi APIP se-Sulawesi Selatan yang dihadiri Inspektur Provinsi Sulawesi Selatan, para Inspektur Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan beserta staff.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Didik Krisdiyanto sebagai keynote speaker pada acara tersebut menyampaikan bahwa optimalisasi keberadaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan salah satu prioritas penguatan kerangka kelembagaan yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019,sebagai garda depan dalam upaya pencegahan korupsi di Internal Kementerian/Lembagadan Pemerintah Daerah.

Pada bagian lain juga disampaikan bahwa salah satu penyebab utama belum optimalnya pencapaian tujuan dari pemerintah daerah adalah lemahnya implementasi SPIP. Berdasarkan hasil penilaianyang masih dalam proses validasi dan uji konsistensi, tingkat maturitas SPIP pada pemerintah daerah di Sulawasi Selatan masih berada pada Level 1 (rintisan) dan 2 (berkembang). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan SPIP masih pada tataran formal.Oleh karena itu diperlukan komitmen bersama antar pemerintah daerah dan BPKP untuk melakukan pengawalan peningkatan maturitas penyelenggaraan SPIP ke Level 3.Komitmen tersebut telah di awali pada acara ini dengan penandatanganan Pernyataan Komitmen Pengawalan Maturitas Penyelenggaraan SPIP pada Pemerintah Daerah se-Provinsi Sulawesi Selatan oleh masing-masing Inspektorat dengan diketahui oleh masing-masing kepala daerah. Disamping itu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan juga menyampaikan perlunya inisiasi perubahan atau revisi kebijakan terkait penyelernggaran SPIP pada pemerintah daerah yang selama ini masih kurang dan belum terimplementasikan secara nyata.

Sementara itu, narasumber dari Tim Koordinasi Penyelenggaraan dan Pembinaan SPIP BPKP Pusat memaparkan bahwa terdapat tiga indikator pada sasaran pertama RPJMN 2015-2019, untuk Birokrasi yang Bersih dan Efisien adalah (1) opini WTP atas Laporan Keuangan pada tahun 2019 ditargetkan pada 85% provinsi, 60% kabupaten dan 65% kota (2) tingkat kapabilitas APIP berada level 3 dan (3) tingkat kematangan implementasi SPIP berada pada level 3. Dipaparkan pula mengenai mekanisme penilaian tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP dan grand designstrategi peningkatan maturitas SPIP.

Dalam sesi tanya jawab yang di pandu Kepala Bidang APD terungkap bahwa pihak Inspektorat siap untuk melakukan pengawalan atas ketiga target yang ditetapkan dalam RPJMN 2015-2019. Untuk Kapabilitas APIP telah dilakukan self assessment guna memperoleh database dari setiap elemen kapabilitas APIP yang akan dilakukan langkah-langkah perbaikan atau improvement. Diharapkan hal ini juga agar dapat dilakukan pada penilaian maturitas SPIP secara self assessment untuk memperoleha area-area yang memerlukan perbaikan atau improvement. Inspektorat se-Sulawesi Selatan menyatakan siap untuk melakukan self assessment penilaian maturitas SPIP dengan BPKP sebagai Quality Assurance. (humas-sulsel,akb)



Share      

Berita Terkait:

04 Juni 2018 07:46:59 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
BINCANG PAGI SPIP: Mewujudkan Good Governance dan Clean Goverment
27 September 2016 13:58:29 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kaper Didik Krisdiyanto Membuka Diklat SPIP bagi Pegawai Kemenkes RI Bapelkes Makassar
26 Agustus 2016 16:51:01 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Start Up Pilot Project Peningkatan Maturitas SPIP pada Pemkot Palopo
30 Juni 2016 11:14:20 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pemkab. Enrekang Butuh Bantuan dan Kerjasama BPKP
14 Oktober 2015 07:33:26 / sulsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
WTP, Wujud Integrasi SAP Accrual dengan SPIP


 



 


Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id