Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Dukung Perusda Menjadi Korporasi, BPKP Sulsel Evaluasi Enam Perusda Makassar
27 Pebruari 2015 09:03:13 / sulsel / dibaca: 3412 kali / Kat: GCG

 Hasil evaluasi terhadap enam Perusahaan Umum Daerah (Perusda) telah dipaparkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Deni Suardini di hadapan Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pamanto, Sekretaris Kota Makassar, Ibrahim Saleh bersama para pengawas perusda, pada hari Rabu, 25 Februari 2015 di Balaikota Makassar.

Enam perusda yang dievaluasi tersebut adalah PD Pasar, PD Terminal, Rumah Potong Hewan (RPH), Bank Perkreditan Rakyat (BPR), PDAM dan PD Parkir.

Hasil evaluasi atas performa Perusda dalam aspek manajerial dan keuangan tersebut akan menjadi bagian dari persiapan perubahan status Perusahaan Umum Daerah menjadi Koorporasi atau PT (Perseroan Terbatas) yang diwacanakan Pemkot Makassar.

Berdasarkan hasil evaluasinya, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan merekomendasikan perbaikan kinerja dan pengawasan yang lebih ketat terhadap enam perusda milik Pemerintah Kota Makassar tersebut. Adapun rekomendasi lainnya yaitu perusda diharapkan mampu meningkatkan modal kerja dan kompetensi manajemen perusda serta meningkatkan peran dan fungsi badan pengawas.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Deni Suardini dalam paparannya menyampaikan bahwa pelaksanaan evaluasi ini merupakan terobosan dari Walikota Makassar untuk menciptakan tata kelola perusahaan yang transparan, akuntabel dan independen. Menurut Deni Suardini, terobosan Walikota Makassar ini sejalan dengan Perpres No. 192 tahun 2014 tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.”BPKP selaku aparat pengawasan internal pemerintah bertugas  melaksanakan pengawasan atas akuntabilitas penyelenggaraan tata kelola pada badan usaha dan badan lainnya yang didalamnya terdapat kepentingan keuangan dan pembangunan atau kepentingan lain dari Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah,”ujar Deni Suardini.

Sementara Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pamanto menyatakan rekomendasi yang dikeluarkan BPKP akan menjadi bahan bagi tindak lanjut dalam persiapan pembentukan Perseroan.“Evaluasi ini telah memberikan gambaran jelas terhadap kondisi riil Perusda kita selama ini. Harus diakui kondisinya masih cukup memprihatinkan dan harus dibenahi dengan cukup serius,” ujarnya.

(humas sulsel)



Share      

Berita Terkait:

31 Juli 2018 08:40:24 / sulsel / dibaca: kali / Kat: GCG
Exit Meeting Assesment Penerapan GCG Tahun 2017 pada PTPN XIV
07 Juni 2018 13:38:20 / sulsel / dibaca: kali / Kat: GCG
PT Pelindo IV Raih Predikat Baik pada Penerapan GCG Tahun 2017
21 Maret 2018 22:30:25 / sulsel / dibaca: kali / Kat: GCG
PTPN XIV Expose Optimalisasi Pabrik Gula BCT dan Persiapan Assessment GCG
22 Desember 2015 09:49:31 / sulsel / dibaca: kali / Kat: GCG
Value Crestion Wujud Nyata Agen Pembangunan Daerah
16 Maret 2015 08:56:14 / sulsel / dibaca: kali / Kat: GCG
Terapkan Prinsip GCG, PT IKI Harapkan Peran Aktif BPKP Sulsel


 



 


Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id