Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan

Kaper Didik Krisdiyanto Membuka Diklat Investigatif bagi APIP Lingkup Inspektorat
27 September 2016 13:59:23 / sulsel / dibaca: 54 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Setiap Aparatur  Sipil Negara  harus memiiki kompetensi yang layak dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Salah satu tugas  APIP di lingkungan Inspektorat adalah melaksanakan audit investigasi  yang harus dilakukan oleh auditor yang kompoten, dan memiliki integritas, serta independensi.Permenpan Nomor 5 Tahun 2008, tanggal 31 Maret 2008 tentang Standar Audit Pengawasan Intern Pemerintah, diantaranya menyebutkan dalam  setiap pengawasan audit investigatif, auditor investigatif harus menyusun rencana audit dengan tujuan meminimalkan tingkat risiko kegagalan dalam melakukan audit investigatif serta memberikan arah agar pelaksanaan audit investigatif efisien dan efektif.

Kaper Didik Krisdiyanto Membuka Diklat SPIP bagi Pegawai Kemenkes RI Bapelkes Makassar
27 September 2016 13:58:29 / sulsel / dibaca: 116 kali / Kat: SPIP

SPIP sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan, dan telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, bahkan diamanatkan pada Undang-Undang tentang Perbendaharaan Negara, sehingga mau tidak mau harus  dilaksanakan dan diterapkan oleh  Menteri, Gubernur,Bupati /Walikota, dan seluruh pimpinan Instansi Pemerintah. Sebaik-baiknya Sitem pengendalian, namun apabila SDM yang terlibat didalamnya kurang mumpuni maka pengendalian tersebut tidak dapat berjalan dengan baik. Yang menentukan jalannya pemerintahan adalah mind set kita.

Dalam rangka aktivitas pengendalian, pemerintah telah menerbitkan berbagai Undang-Undang tapi pada kenyataannya masih banyak terjadi penyimpangan, hal tersebut  bukan disebabkan peraturannya namun oleh pelaksanaannya, dan komintmen SDM nya yang masih kurang. Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Didik Krisdiyanto pada pembukaan Diklat Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bagi Pegawai di Lingkungan Kementerian Kesehatan RI di Balai Besar Penelitian Kesehatan (BBPK) Makassar.

Kaper BPKP Sulsel Didik Krisdiyanto sebagai Narasumber pada Kementerian Desa PDTT
10 September 2016 07:11:05 / sulsel / dibaca: 97 kali / Kat: Sosialisasi

“Peran BPKP sebagai internal auditor pemerintah adalah sebagai assurance atas penjamanin jalannya pemanfaatan keuangan, evaluasi, monitoting dan reviu serta konsultansi. Ini sejalan dengan paradigma BPKP yang lebih mendahulukan pencegahan atas penyalahgunaan keuangan negara termasuk didalamnya dana desa. Dana desa harus dipakai untuk membiayai kegiatan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dengan pola padat karya.  Bersama elemen desa lainnya,Kepala Desa merencanakan, mengeksekusi, dan memonitor serta mengevaluasi pemanfaatan dana tersebut. BPKP telah bekerja sama dengan Kementrian Dalam Negeri lewat Aplikasi Siskeudes dengan harapan semua yang berkaitan dengan dana desa dapat termonitor lewat aplikasi tersebut”, demikian pemaparan Kaper Didik Krisdiyanto sebagai Narasumber Sosialisasi Dana Desa  pada Kementerian Desa PDTT di Aula lantai 3 STIA-LAN yang diikuti oleh Aparat Desa dan Camat se-Kabupaten Maros, Rabu (7/9).


Arsip Berita
SULSEL EWAKO

 



 


Alamat Kantor Perwakilan

Jln. Tamalanrea Raya No.3
Bumi Tamalarea Permai (BTP) Makassar
Kotak Pos 176 Telp. 0411-590591;590592,
Fax : 0411-590595 E-mail : sulsel@bpkp.go.id