Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

KOLABORASI PENGAWALAN PROGRAM PEMULIHAN EKONOMI DI SULBAR
27 Juni 2020 18:25:37 / sulbar / dibaca: 381 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Mamuju (26/06), Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Hasoloan Manalu menghadiri rapat bersama Gubernur Sulawesi Barat dan unsur Forkopimda dalam rangka mendiskusikan Program Pemulihan Ekonomi di Sulawesi Barat.

Hari Jumat siang tanggal 26 Juni 2020, bertempat di Rumah Jabatan Gubernur Provinsi Sulawesi Barat di Mamuju, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Hasoloan Manalu didampingi Korwas Bidang APD, Tri Dasa Warsanto memenuhi undangan untuk mengikuti rapat bersama Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris, Kapolda Sulbar, Kajati Sulbar, pimpinan instansi vertikal, pimpinan OPD fungsional lingkup Pemprov Sulbar serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulbar.

Acara rapat dan diskusi dimulai pukul 13.00 WITA, berlangsung hingga sore menjelang malam. Acara ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar. Dalam kesempatan tersebut dibahas beberapa hal terkait Program Pemulihan Ekonomi di Sulawesi Barat, khususnya dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. Gubernur Sulbar dan Sekda Provinsi Sulbar meminta masukan dari Kajati, Kapolda, Kepala Perwakilan BPKP, serta pengawalan dan pengawasan implementasi di lapangan.

Sebelum pemberian masukan dari Kajati, Kapolda dan Kepala Perwakilan BPKP, pimpinan OPD fungsional penanganan COVID-19 menyampaikan pemaparan tentang program-program yang akan dilaksanakan. Diantaranya hasil pemetaan data UMKM/IKM yang terdampak COVID-19 di Sulawesi Barat oleh Tim Data Penanganan Dampak COVID-19, yang nantinya akan diberikan stimulus bantuan sosial agar tetap dapat melanjutkan usahanya. Berikutnya pemaparan Program Padat Karya Infrastruktur di Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene, dan Revitalisasi Pangkalan dan Pendaratan Ikan (PPI) dan Pembangunan Pasar Ikan Peduli COVID-19. Pada kesempatan tersebut, Kakanwil DJPB Sulbar juga menambahkan penjelasan mengenai perkembangan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) di wilayah Sulawesi Barat selama masa pandemi COVID-19.

Atas program-program tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulbar, Darmawel Aswar memberikan beberapa tanggapannya, diantaranya mengingatkan jangan sampai proyek padat karya infrastruktur yang akan dilaksanakan terdapat masalah hukum. Selain membangkitkan UMKM/IKM, perlu juga memperhatikan ketahanan pangan di Sulbar, memperhatikan tempat-tempat umum yang mulai dibuka, dan Kajati berharap penggunaan dana dalam rangka penanganan COVID-19 digunakan dengan baik, serta tidak terjadi penyelewengan.

Kepala Perwakilan BPKP Sulbar, Hasoloan Manalu memberikan masukan dan tanggapan bahwa BPKP selalu siap dan akan terus mengawal akuntabilitas atas program/kegiatan yang dilakukan Pemda dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19. Hasoloan Manalu juga menjelaskan bahwa Program Pemulihan Ekonomi harus tepat sasaran, sehingga stimulus tambahan modal dapat digunakan untuk melanjutkan usaha bagi UMKM/IKM yang terdampak COVID-19. Selain itu, data sasaran pengusaha UMKM/IKM yang akan dibantu juga harus valid. Dalam pelaksanaan Program Padat Karya harus memperhatikan sumber daya tenaga kerja dan pengadaan barang/jasa (PBJ) dalam penanganan COVID-19. Manalu juga menyatakan bahwa BPKP siap melakukan pendampingan pada Revitalisasi PPI dan Pembangunan Pasar Ikan Peduli COVID-19.

(Tim Humas BPKP Sulbar)



Share      

Berita Terkait:

05 Juli 2020 08:58:59 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KAPER BPKP SULBAR INGATKAN INSPEKTORAT UNTUK AWASI PENGGUNAAN DANA PENANGANAN COVID-19
02 Juli 2020 16:24:29 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KAPER BPKP SULBAR HADIRI ACARA PERINGATAN HARI BHAYANGKARA KE-74
01 Juli 2020 08:22:09 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
CANANGKAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK/WBBM, BPS SULBAR UNDANG BPKP
30 Juni 2020 18:36:53 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP SULBAR SELENGGARAKAN PELEPASAN PEGAWAI YANG AKAN PINDAH TUGAS
30 Juni 2020 17:08:09 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KOPERASI PEGAWAI PIONIR 32 BPKP SULBAR SELENGGARAKAN RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT)


Tentang Kami
Kata Pengantar
Wilayah Kerja
Tupoksi
Struktur Organisasi
Komposisi SDM
Visi, Misi dan Nilai
Daftar Informasi Publik
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
Informasi Berkala
Permohonan Informasi
Produk dan Layanan
Kontak Perwakilan
 
 
 Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat
 
Jl.Abdul Malik Pettana Endeng
 
Mamuju 91512
 
Telp : (0426) 21088
 
Fax : (0426) 21137
 
Email : sulbar@bpkp.go.id
 
------------------------------------------------------------
 
 

Laporan Pemantauan Kinerja Triwulan


Perjanjian Kinerja


 



Laporan Keuangan



 




Rencana Strategis Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat


LAKIP