Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

BPKP SULBAR IKUTI RAKOR BERSAMA FORKOPIMDA BAHAS RENCANA KEDATANGAN TKI
23 Mei 2020 06:07:57 / sulbar / dibaca: 202 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Mamuju (22/05), Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat mengikuti rapat koordinasi khusus dengan Gubernur Sulawesi Barat beserta jajaran Forkopimda Sulawesi Barat, membahas rencana kedatangan TKI (tenaga kerja Indonesia) yang akan datang dari Malaysia ke Indonesia, termasuk ke wilayah Sulawesi Barat.

Jumat, 22 Mei 2020 Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat ikut serta dalam rapat koordinasi khusus bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat secara virtual melalui video conference. Rapat koordinasi khusus ini membahas rencana kedatangan tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia yang akan pulang ke wilayah Indonesia, khususnya ke wilayah Sulawesi Barat. Rakor khusus ini dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar dengan moderator Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Muhammad Idris. Rapat koordinasi diikuti secara virtual oleh jajaran pimpinan Forkopimda secara lengkap yaitu Gubernur, Ketua DPRD, Kapolda, Danrem 142 Tatag dan Kajati. Rapat juga diikuti oleh para pimpinan instansi vertikal di Provinsi Sulawesi Barat, terdiri dari Kepala BIN Daerah (Kabinda), Danlanal, Danlanud, Kepala Basarnas, Kepala Perwakilan BPKP, Kakanwil Kementerian Agama, Kakannwil Kemenkumham, Kakanwil Perbendaharaan serta pimpinan beberapa OPD lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, yang terdiri dari Kepala BPBD, Kepala BPKAD, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas Perhubungan dan Direktur RSU Regional Sulawesi Barat.
Dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Barat, Hasoloan Manalu didampingi Koordinator Pengawasan Bidang APD Tri Dasa Warsanto.

Rapat koordinasi dimulai pukul 10.00 WITA, berlangsung sekitar dua jam. Mengawali rangkaian rakor ini Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini, yaitu setelah Idul Fitri, akan ada rombongan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang datang dari Malaysia ke Indonesia, termasuk ke wilayah Sulawesi Barat dalam jumlah yang cukup besar. Alasan TKI tersebut datang ke Indonesia adalah untuk pulang kampung karena diputus kerjanya dan karena dideportasi oleh Pemerintah Malaysia.
Selanjutnya Staf Khusus Gubernur Sulawesi Barat, Firdaus Gigo Atawuwur menjelaskan bahwa TKI yang pulang kampung tersebut statusnya adalah tenaga kerja yang bermasalah atau masuk ke Malaysia secara illegal. Hal ini yang menyebabkan Pemerintah Malaysia mendeportasi tenaga kerja tersebut dan mengembalikannya ke Indonesia. Salah satu daerah tujuannya adalah Provinsi Sulawesi Barat. Jumlah TKI yang dideportasi dari Malaysia melalui Nunukan berjumlah 300 orang dimana sekitar 30 persennya berasal dari Sulawesi Barat. Selanjutnya ada lagi yang dideportasi melalui Entikong sebanyak 32 orang dengan rincian daerah asal dari Kabupaten Polewali Mandar sebanyak 27 orang, dari Kabupaten Majene 3 orang dan dari Kabupaten Mamuju 2 orang. Firdaus Gigo Atawuwur berharap kepulangan TKI ini dapat difasilitasi penjemputannya oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Selanjutnya peserta rapat yang berasal dari pimpinan TNI AL, TNI AU, TNI AD, Kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Sosial menyatakan kesiapannya untuk saling berkerja sama dan berkoordinasi dalam penjemputan TKI tersebut. Selain itu, jajaran Kemenkumham WIlayah Provinsi Sulawesi Barat siap berkoordinasi dengan Kantor Wilayah Kemenkumham di provinsi lain, untuk mengupayakan agar tidak terjadi dua kali karantina, apabila telah dilakukan karantina di salah satu provinsi di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Hasoloan Manalu menyampaikan pesan agar dalam proses penjemputan TKI nanti tidak melupakan penerapan protokol kesehatan untuk menghindari dan mencegah penyebaran COVID-19. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya yaitu setelah TKI sampai di tempat tujuannya atau di kampungnya di Sulawesi Barat, agar Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial melaksanakan pendataan. Pendataan ini dilakukan agar diketahui keadaan ekonomi setelah TKI tersebut kehilangan pekerjaannya. Apabila diketahui keadaan ekonomi para TKI tersebut bermasalah, maka diharapkan ada perhatian berupa pemberian bantuan sosial dari pemerintah.

Pada kesempatan tersebut berkaitan dengan perayaan Idul Fitri, untuk menghindari penyebaran COVID-19 di Sulawesi Barat, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Barat berpesan dan menghimbau kepada masyarakat Sulawesi Barat untuk melaksanakan sholat Ied di rumah dan melaksanakan silahturahim melalui video call atau telepon.

(Humas BPKP Sulbar)


Share      

Berita Terkait:

27 Mei 2020 10:10:24 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP SULBAR RAPAT BERSAMA FORKOPIMDA BAHAS RENCANA KUNJUNGAN KE KEPULAUAN SANGAT TERPENCIL
23 Mei 2020 11:53:48 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
KAPER BPKP SULBAR BERIKAN ATENSI KEPADA GUBERNUR BERKAITAN DATA PENERIMA BANTUAN SOSIAL
20 Mei 2020 12:16:14 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
KPK BERI APRESIASI DAN DUKUNGAN ATAS UPAYA-UPAYA YANG DILAKUKAN OLEH BPKP SULBAR
19 Mei 2020 21:02:50 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP SULBAR GELAR FGD PENILAIAN RISIKO KECURANGAN PENANGANAN COVID-19
15 Mei 2020 05:08:52 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP SULBAR IKUTI RAKOR PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 TINGKAT PROVINSI SULBAR


Tentang Kami
Kata Pengantar
Wilayah Kerja
Tupoksi
Struktur Organisasi
Komposisi SDM
Visi, Misi dan Nilai
Daftar Informasi Publik
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
Informasi Berkala
Permohonan Informasi
Produk dan Layanan
Kontak Perwakilan
 
 
 Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat
 
Jl.Abdul Malik Pettana Endeng
 
Mamuju 91512
 
Telp : (0426) 21088
 
Fax : (0426) 21137
 
Email : sulbar@bpkp.go.id
 
------------------------------------------------------------
 
 

Laporan Pemantauan Kinerja Triwulan


Perjanjian Kinerja


 



Laporan Keuangan



 




Rencana Strategis Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat


LAKIP