Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

LAUNCHING APLIKASI BE WISE
08 Nopember 2019 01:36:01 / sulbar / dibaca: 80 kali / Kat: Pemberantasan Korupsi

Whistleblowing Systemadalah salah satu strategi pemberantasan korupsi yang bersifat preventif dan media yang efektif bagi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam program pemberantasan korupsi

Kamis (7/11/2019) dilaksanakan Launching Aplikasi Be WISE (Berintegritas melalui Whistleblowing System) dalam rangka penerapan system pengaduan sistem masyarakat pada Pemerintah Kabupaten Majene. Kegiatan ini diinisiasi oleh Perwakilan BPKP Sulawesi Barat sebagai salah satu strategi pencegahan korupsi yang pilotingnya dilaksanakan di Pemerintah Kabupaten Majene.

Acara dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Barat (Fauqi Achmad Kharir), Sekretaris Daerah Kabupaten Majene (H.A Achmad Syukri), Inspektur Kabupaten Majene, dan beberapa Kepala OPD serta staf OPD pada Pemerintah Kabupaten Majene.

Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Wakil Bupati Majene dibuka dengan seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Kepaala Perwakilan BPKP Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya, Fauqi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Majene atas komitmen yang tinggi terhadap program pencegahan korupsi berupa pengimplementasian whistleblowing system berbasis aplikasi Be WISE.

“Pemerintah Kabupaten Majene ini telah menunjukkan keseriusan dan komitmen pencegahan korupsi. hal itu terlihat dari cepatnya respon Pemda dalam membuat regulasi payung hukum pengelolaan whistleblowing system dengan bentuk peraturan bupati majene. Kabupaten Majene merupakan Pemerintah Daerah pertama di wilayah Sulawesi Barat yang menerapkan WBS ini, dan rencana kedepannya akan diterapkan di seluruh daerah di wilayah Sulawesi Barat.”

Acara dilanjutkan dengan sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Majene. Sekda Majene menyampaikan bahwa Penerapan WBS di Kabupaten Majene sebagai piloting project merupakan suatu kebanggan tersendiri dan sejalan dengan tujuan Pemerintah kabupaten Majene dalam menekan angka korupsi.

“Dimohon kepada Inspektorat selaku APIP agar dapat memanfaatkan Aplikasi ini secara optimal dan tidak menyia-nyiakan kepercayakan yang diberikan oleh BPKP kepada Pemerintah Kabupaten Majene. Seharusnya dengan pengelolaan WBS yang baik akan tercipta budaya anti korupsi dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program pemberantasan korupsi yang merupakan salah satu fokus utama dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Majene”

Acara utama ditandai dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Prototype Aplikasi Be Wise dan Penyerahan Source Code serta Buku Manual Aplikasi Be WISE dari Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Barat kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Majene.

Acara dilanjutkan dengan Sosialisasi terkait Whistleblowing System dan cara penggunaan aplikasi Be WISE. Pemateri dari BPKP menyampaikan bahwa penerapan aplikasi ini sangat bergantung pada komitmen tim pengelola WBS di Inspektorat Kabupaten Majene sebagai Project Leader. Sistem dan aplikasi ini masih dapat dikembangkan oleh Inspektorat Kabupaten Majen sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lapangan.



Share      

Berita Terkait:

10 Juli 2019 15:58:15 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Audiensi Aparat Penegak Hukum di Wilayah Provinsi Sulawesi Barat
28 Pebruari 2019 04:31:38 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Koordinasi dan Supervisi KPK dengan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat
11 April 2018 15:32:28 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Rapat Koordinasi dan Supervisi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Provinsi Sulawesi Barat
10 April 2018 17:47:18 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Sambangi Sulbar, KPK Ajak APH dan APIP bersinergi Memberantas Korupsi
27 Nopember 2017 15:13:00 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Masyarakat Anti Korupsi dalam rangka Pengentasan Kemiskinan


Tentang Kami
Kata Pengantar
Wilayah Kerja
Tupoksi
Struktur Organisasi
Komposisi SDM
Visi, Misi dan Nilai
Daftar Informasi Publik
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
Informasi Berkala
Permohonan Informasi
Produk dan Layanan

Kontak Perwakilan

 

 Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Jl.Abdul Malik Pettana Endeng

Mamuju 91512

Telp : (0426) 21088

Fax : (0426) 21137

Email : sulbar@bpkp.go.id

------------------------------------------------------------

 

 

Laporan Pemantauan Kinerja Triwulan


Perjanjian Kinerja


 



Laporan Keuangan



 




Rencana Strategis Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat


LAKIP