Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

HUT ke-36, Transformasi BPKP menjadi Trusted Advisor
01 Juni 2019 08:13:05 / sulbar / dibaca: 1378 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Tanggal 30 Mei,36 tahun yang lalu BPKP berdiri. Bermula dari  Djawatan Akuntan Negara yang didirikan pada tahun 1936 sebagai aparat pengawasan pemerintah pertama di Indonesia, dan terus berkembang sampai akhirnya ditetapkan sebagai BPKP pada 30 Mei 1983. Dalam kurun waktu tersebut hingga kini, setidaknya BPKP telah melewati tiga faseyaitu: fase assurance, fase strategic business partner, dan trusted advisor.

Jumat (31/5),bertempat di halaman depan Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat dilaksanakan upacara bendera memperingati HUT ke-36 BPKP. Upacara ini serentak dilaksanakan di suluruh kantor perwakilan BPKP di seluruh Indonesia dan juga kantor pusat. Selain diikuti seluruh pegawai, upacara ini juga dihadiri oleh ibu-ibu DharmaWanita. Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Fauqi Achmad Kharir. Dalam amanatnya Fauqi membacakan naskah sambutan Kepala BPKP, Ardan Adi Perdana. Sambutan tersebut menceritakan tentang perjalanan transformasi BPKP.

Sejak BPKP berdiri hingga kini, perjalanan BPKP dapat dibagi menjadi tiga fase, yaitu fase assurance, fase strategic business partner dan fase trusted advisor. Dalam kurun waktu tahun 1983 hingga tahun 2000, BPKP menjalankan peran assurance. Kedudukan BPKP yang independen terhadap seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah memungkinkan dilaksanakannya peran assurance secara objektif dan efektif.

Periode tahun 2001 hingga tahun 2013, pendekatan pengawasan yang dilakukan BPKP lebih menekankan aspek preventif dan pembinaan. Periode ini disebut fase strategic business partner di mana BPKP menempatkan diri sebagai mitra kerja yang profesional bagi kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Periode tahun 2014 hingga kini, dengan dikeluarkannya Perpres Nomor 192 Tahun 2014 tentang BPKP, menegaskan peran BPKP sebagai aparat pengawasan intern yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Kepercayaan dan ekspektasi yang tinggi dari para stakeholder terhadap BPKP, membawa konsekuensi pada tuntutan terhadap integritas, inovasi, dan profesionalitas yang lebih tinggi.

Dengan semakin meningkatnya peran BPKP tersebut, seluruh insan BPKP diharapkan selalu berusaha memperkuat kompetensi pengawasan intern yang berkelanjutan demi bakti kepada negeri.

Setelah pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan kegiatan penutupan rangkaian pekan olahraga dan seni (PORSENI) peringatan HUT BPKP ke-36, berupa pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba yang dilaksanakan di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan PORSENI telah dilakukan sejak bulan April lalu, sebagai salah satu  rangkaian kegiatan memeriahkan HUT ke-36 BPKP.

(Humas BPKP Sulbar/saiful)



Share      

Berita Terkait:

10 September 2019 12:51:05 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Sulbar Turut Serta Pecahkan Rekor MURI Penyelenggaraan TOEFL
05 September 2019 12:11:23 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gala Dinner, Penutupan POR Karampuang Celebes Tournament
04 September 2019 07:22:11 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pembukaan Pekan Olahraga (POR) Karampuang Celebes Tournament
15 Juli 2019 10:34:38 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pelantikan Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Sudyatmoko
10 Juli 2019 16:24:13 / sulbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Penandatanganan MoU dan PKS (Perjanjian Kerja Sama)


Tentang Kami
Kata Pengantar
Wilayah Kerja
Tupoksi
Struktur Organisasi
Komposisi SDM
Visi, Misi dan Nilai
Daftar Informasi Publik
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
Informasi Berkala
Permohonan Informasi
Produk dan Layanan

Kontak Perwakilan

 

 Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Jl.Abdul Malik Pettana Endeng

Mamuju 91512

Telp : (0426) 21088

Fax : (0426) 21137

Email : sulbar@bpkp.go.id

------------------------------------------------------------

 

 

Laporan Pemantauan Kinerja Triwulan


Perjanjian Kinerja


 



Laporan Keuangan



 




Rencana Strategis Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat


LAKIP