Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Workshop PPBR bagi APIP se-Sullbar guna Kejar Kapabilitas APIP Level 3
07 Pebruari 2019 13:33:06 / sulbar / dibaca: 1181 kali / Kat: APIP

“Perencanaan audit berbasis risiko pada dasarnya berusaha mengubah tradisi perencanaan di bidang audit yang cenderung post-audit menjadi audit yang benar-benar memertimbangkan segi kemanfaatan jasa yang diberikan APIP kepada pihak auditi”, Nirwan Ristiyanto dalam Perencanaan Audit: Berbasis Risiko Atau Berbasis Masalah? (2013:1)

Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan Workshop Penyusunan Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR) dengan mengundang seluruh APIP daerah di wilayah Sulawesi Barat. Workshop dilaksanakan dalam rangka memberika arahan bagi APIP daerah dalam menyusun perencanaan pengawasan tahunan berbasis risiko untuk mencapai Kapabilitas APIP Level 3.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Perwakilan, Fauqi Achmad Kharir dilaksanakan selama dua hari mulai hari Kamis sampai dengan Jumat tanggal 7-8 Februari 2019 di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat. Acara tersebut diikuti oleh 27 peserta dari tujuh Inspektorat Daerah di wilayah Provinsi Sulawesi Barat. Peserta workshop terdiri dari Sekretaris Inspektorat, Kasubbag Program dan PFA dari tujuh APIP di wilayah Sulawesi Barat. 

Dalam sambutannya Fauqi menyampaikan perlunya melakukan perencanaan pengawasan berbasis risiko, mengingat banyaknya tugas yang harus dilakukan, sementara sumber daya yang dimiliki APIP begitu terbatas. “Konsep perencanaan pengawasan berbasis risiko merupakan metode penyusunan perencanaan pengawasan atau PKPT dengan menggunakan hasil manajemen risiko. Perencanaan pengawasan berisi penugasan assurance (penjaminan) dan consulting (konsultansi) dengan mengidentifikasi dan memprioritaskan seluruh area pemerintah daerah dengan fokus pada area yang memiliki  risiko tinggi dan selaras dengan tujuan organisasi. Selain itu, PPBR ini merupakan salah satu syarat agar Kapabilitas APIP dapat mencapai level 3”, sambungnya.

Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Bidang P3A Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat. Workshop ini selain menyajikan materi terkait dengan PPBR, juga melibatkan peserta untuk secara aktif melakukan penyusunan perencanaan berbasis risiko, sehingga setelah pelaksanaan workshop ini, diharapkan seluruh APIP di wilayah Sulawesi Barat telah menyusun PKPT Berbasis Risiko sesuai ketentuan yang berlaku.

(Humas Sulbar/RFA)



Share      

Berita Terkait:

30 Nopember 2018 08:09:27 / sulbar / dibaca: kali / Kat: APIP
Rapat Koordinasi Pengawasan APIP Sulbar 2018
18 Mei 2018 12:42:46 / sulbar / dibaca: kali / Kat: APIP
Sinergi Pencapaian Level 3


Tentang Kami
Kata Pengantar
Wilayah Kerja
Tupoksi
Struktur Organisasi
Komposisi SDM
Visi, Misi dan Nilai
Daftar Informasi Publik
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
Informasi Berkala
Permohonan Informasi
Produk dan Layanan

TALK SHOW BPKP SULBAR

Kontak Perwakilan

 

 Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Jl.Abdul Malik Pettana Endeng

Mamuju 91512

Telp : (0426) 21088

Fax : (0426) 21137

Email : sulbar@bpkp.go.id

 

 

 

Laporan Pemantauan Kinerja Triwulan


Perjanjian Kinerja


Laporan Keuangan




Rencana Strategis Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat


LAKIP