Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Lomba Cipta Logo GMR dan SPIP
04 Juni 2018 14:23:30 / sulbar / dibaca: 145 kali / Kat: SPIP

Dalam rangkain HUT Ke 35 BPKP, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan Lomba Inovasi dalam bentuk Cipta Logo Gerakan Menilai Risiko (GMR) dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) untuk kalangan internal.

Pemilihan Tema Cipta Logo karena dikaitkan dengan Proyek Perubahan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Arif Ardiyanto yang sedang melaksanakan Laboratorium  Kepemimpinan Diklat PIM2 Angkatan II Tahun 2018 berupa GMR untuk Percepatan Pencapaian Target Maturitas SPIP Level 3 pada seluruh pemerintah daerah di Sulawesi Barat.

Lomba Cipta Logo diikuti 6 peserta yang mewakili seluruh sub unit kerja yaitu 1 bagian dan 5 bidang. Melalui penilaian yang dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan, telah ditetapkan Yudi Fajri Arsyal dan Sadhu Pramudita Adhikara sebagai pemenang kategori GMR dan Sadhu Pramudita Adhikara sebagai pemenang kategori SPIP.

Logo GMR mempunyai makna bahwa suatu risiko yang digambarkan sebagai balok-balok, apabila tidak dikelola dengan baik dapat roboh atau mengancam keselamatan seseorang. Karena kekurangpahaman,  seseorang kecenderungannya mengabaikan risiko atau sebaliknya akan lari menghindari risiko tersebut. Namun demikian, GMR mengajak seseorang atau bersama dengan pihak lainnya untuk mengetahui risiko diri, kemudian menumbuhkan kesadaran akan risiko, dan akhirnya membutuhkan pengendalian untuk memitigasi risiko. Pesan tersebut tergambar dengan seseorang yang menghadapi ancaman balok-balok dengan menata agar rapi dan tidak membahayakan lagi.

Logo SPIP merupakan suatu tanda atau cap bahwa GMR atau suatu proses penyelenggaraan SPIP telah diawali dengan menilai risiko, membangun kesadaran tentang risiko, dan merealisasikan pengendalian dalam bentuk tertulis dan siap dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pengendalian intern yang terintegrasi pada tindakan atau kegiatan. Angka 2008 menunjukkan tahun terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 60 tentang SPIP. Kemudian checkmark atau contreng menunjukkan bahwa Kebijakan/SOP yang diterbitkan telah melalui prosedur yang benar dan lebih memberikan jaminan yang memadai dalam pencapain tujuan. Tanda conterng yang keluar dari kotak menunjukkan bahwa dalam memitigasi risiko dapat membuahkan inovasi yang keluar kotak (out of the box).

Kedua logo tersebut telah resmi disematkan pada SOP Berbasis Risiko dari Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat dalam bentuk SOP Audit Investigatif Berdasarkan Permintaan Instansi Penyidik. SOP Berbasis Risiko secara simbolis diserahkan oleh Korwas Bidang Investigasi, Charles Rante Batara kepada Kepala Perwakilan pada tanggal 4 Juni 2018 di Ruang Dokumentasi SPIP.

Humas BPKP Sulbar.



Share      

Berita Terkait:

22 Mei 2018 15:00:10 / sulbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pemkab Mamuju Gelar Bimbingan Teknis Penilaian Mandiri Maturitas SPIP
24 April 2018 15:58:09 / sulbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kick Off Gerakan Menilai Risiko (GMR) dan Sosialisasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi pad
19 April 2018 12:59:36 / sulbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Gerakan Menilai Risiko (GMR), Demi Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan
12 Oktober 2017 07:40:13 / sulbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Penutupan Diklat Penerapan SPIP Intergratif di Lingkungan APIP Provinsi Sulawesi Barat
24 Agustus 2017 10:03:35 / sulbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Provinsi Sulawesi Barat Menuju Level 3 SPIP


Tentang Kami
Kata Pengantar
Wilayah Kerja
Tupoksi
Struktur Organisasi
Komposisi SDM
Visi, Misi dan Nilai
Daftar Informasi Publik
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
Informasi Berkala
Permohonan Informasi
Produk dan Layanan

TALK SHOW BPKP SULBAR

Kontak Perwakilan

 

 Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Jl.Abdul Malik Pettana Endeng

Mamuju 91512

Telp : (0426) 21088

Fax : (0426) 21137

Email : sulbar@bpkp.go.id

 

 

 

Laporan Pemantauan Kinerja Triwulan


Perjanjian Kinerja


Laporan Keuangan



Rencana Strategis Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat


LAKIP