Sekretariat Utama

Laporan Kinerja Sekretariat Utama Tahun 2018

Kinerja Sekretariat Utama tahun 2018 dengan IKU "Persepsi Kepuasan Layanan Sekretariat utama" mencapai nilai 8,12 skala dari target sebesar 8 skala atau mencapai 101,50%. Kondisi ini mencerminkan kepuasan unit kerja atas layanan kesettamaan yang semakin meningkat. Di sisi lain, capaian ini juga menunjukkan bahwa proses perbaikan kualitas pelayanan di lingkungan Sekretariat Utama berjalan secara terus-menerus. Layanan kesettamaan meliputi lima bidang layanan yaitu perencanaan pengawasan, kepegawaian dan organisasi, keuangan, hukum dan kehumasan, serta layanan umum. Berdasarkan hasil survei, capaian setiap bidang layanan digambarkan dalam grafik sebagai berikut:

Dari grafik di atas, nampak bahwa kinerja seluruh layanan telah mencapai target.

  1. Layanan Perencanaan Pengawasan memperoleh nilai 8,02 yang berasal dari 8 jenis layanan dengan rentang nilai antara 7,87 - 8,21.
  2. Layanan Kepegawaian dan Organisasi memperoleh nilai 8,07 yang berasal dari 6 jenis layanan dengan rentang nilai antara 7,85 - 8,43.
  3. Layanan Keuangan memperoleh nilai 8,17 yang berasal dari 4 jenis layanan dengan rentang nilai antara 7,90 - 8,36.
  4. Layanan Hukum dan Kehumasan memperoleh nilai 8,32 yang berasal dari 5 jenis layanan dengan rentang nilai antara 8,18 - 8,56.
  5. Layanan Umum memperoleh nilai 8,02 yang berasal dari 4 jenis layanan dengan rentang nilai antara 7,76 - 8,41.

Dalam upaya peningkatan layanan, Sekretariat Utama terus melakukan inovasi teknologi informasi melalui pengembangan aplikasi, antara lain:

  1. Sistem Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (SPPBR) yang merupakan media untuk melakukan penyusunan perencanaan berbasis risiko yang terdokumentasi;
  2.  Aplikasi IPMS untuk Penyusunan PKAU/Kegiatan Dukungan Pengawasan yang bertujuan untuk memastikan semua rencana kerja terinput sempurna sesuai dengan pagu anggaran masing-masing unit kerja;
  3.  Aplikasi Manajemen Akuntabilitas Pegawai (MAP) dengan berbagai fitur kepegawaian antara lain statistik pegawai pensiun, dashboard e-statistik pegawai, konfirmasi penugasan, monitoring presensi bawahan untuk atasan, Modul cuti pegawai via mobile, modul izin kantor alasan penugasan via mobile dan lainlain. Pada tahun 2018, juga telah dikembangkan aplikasi MAP mobile versi android.
  4.  Aplikasi Mobile Cek dan Mutakhirkan Data (M-Cetar) merupakan modul aplikasi perekaman data dan informasi pegawai berikut data pendukung yang dikembangkan secara mandiri berbasis aplikasi mobile android untuk mempercepat proses pemutakhiran data dan dokumen pendukung kepegawaian. Melalui aplikasi ini masing-masing pegawai dapat melakukan perbaikan/ penambahan data sesuai dengan data terkini.
  5.  Aplikasi Sistem Monitoring Persediaan (SIMONSEDIA) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membantu Unit Kerja di Lingkungan Kantor Pusat BPKP dalam melakukan pengelolaan barang persediaan melalui web browser.
  6.  Aplikasi SIMULAN dan SIMOKA merupakan aplikasi yang mulai dikembangkan pada tahun 2018 untuk memenuhi kebutuhan monitoring usulan-usulan dan produk hasil Surat Keputusan, sehingga hak-hak pegawai dapat segera terpenuhi. Sekretariat Utama juga melaksanakan kegiatan pengelolaan media sosial BPKP yaitu Instagram, Twitter, Facebook, dan Youtube. Kegiatan ini meliputi perencanaan, publikasi event, edukasi, penguatan regulasi dan SDM baik unit kerja BPKP pusat maupun perwakilan, serta pemantauan media sosial.  

Download selengkapnya


Share