Sekretariat Utama

Tugas Pokok dan Fungsi Biro Kepegawaian dan Organisasi

Biro Kepegawaian dan Organisasi mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan kepegawaian serta penataan organisasi dan ketatalaksanaan. 

Dalam melaksanakan tugasnya, Biro Kepegawaian dan Organisasi menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan rencana formasi kepegawaian, pengembangan pegawai, dan urusan kesejahteraan pegawai, serta pengelolaan data dan informasi kepegawaian;
  2. pelaksanaan urusan pengangkatan dan kepangkatan pegawai;
  3. pelaksanaan urusan pemindahan, pemberhentian, dan pemensiunan pegawai;
  4. analisis, penataan, evaluasi, dan perumusan kelembagaan serta pembakuan prestasi kerja;
  5. analisis, penyusunan, dan evaluasi ketatalaksanaan, serta penyiapan bahan koordinasi penyusunan pedoman dan standar pemeriksaan BPKP dan APIP lainnya. 

Biro Kepegawaian dan Organisasi terdiri dari:

  1. Bagian Perencanaan dan Pengembangan Pegawai;
  2. Bagian Pengangkatan dan Kepangkatan Pegawai; 
  3. Bagian Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai; 
  4. Bagian Organisasi;
  5. Bagian Tata Laksana;
  6. Kelompok Jabatan Fungsional. 

Bagian Perencanaan dan Pengembangan Pegawai

Bagian Perencanaan dan Pengembangan Pegawai mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana formasi kepegawaian, pengembangan pegawai, dan urusan kesejahteraan pegawai, serta pengelolaan data dan informasi kepegawaian. 

Dalam melaksanakan tugasnya, Bagian Perencanaan dan Pengembangan Pegawai menyelenggarakan fungsi:

  1. penyiapan bahan penyusunan rencana formasi dan seleksi pegawai serta urusan kesejahteraan pegawai;
  2. penyiapan bahan pengembangan pegawai dan analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan pegawai;
  3. penyiapan pengelolaan data dan informasi kepegawaian. 

Bagian Perencanaan dan Pengembangan Pegawai terdiri dari:

  1. Subbagian Perencanaan Pegawai;
  2. Subbagian Pengembangan Pegawai;
  3. Subbagian Data dan Informasi Pegawai. 

Subbagian Perencanaan Pegawai mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana formasi, seleksi, dan pembantuan pelayanan kesejahteraan pegawai.

Subbagian Pengembangan Pegawai mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pengembangan pegawai dan analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan pegawai.

Subbagian Data dan Informasi Pegawai mempunyai tugas melakukan penyiapan pengelolaan data dan informasi kepegawaian. 

Bagian Pengangkatan dan Kepangkatan Pegawai 

Bagian Pengangkatan dan Kepangkatan Pegawai mempunyai tugas melaksanakan urusan pengangkatan dan kepangkatan pegawai. 

Dalam melaksanakan tugasnya, Bagian Pengangkatan dan Kepangkatan Pegawai menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan rencana pengangkatan dan kepangkatan pegawai;
  2. penyiapan keputusan pengangkatan, kepangkatan, dan penggajian pegawai. 

Bagian Pengangkatan  dan Kepangkatan terdiri dari:

  1. Subbagian Pengangkatan  dan Kepangkatan I;
  2. Subbagian Pengangkatan  dan Kepangkatan II;
  3. Subbagian Pengangkatan  dan Kepangkatan III. 

Subbagian Pengangkatan dan Kepangkatan I mempunyai tugas melakukan penyusunan rencana pengangkatan dan kepangkatan pegawai serta penyiapan keputusan pengangkatan, kepangkatan, dan penggajian pegawai dalam lingkungan Kantor Pusat dan Perwakilan  BPKP di wilayah DKI Jakarta. 

Subbagian Pengangkatan dan Kepangkatan II mempunyai tugas melakukan penyusunan rencana pengangkatan dan kepangkatan pegawai serta penyiapan keputusan pengangkatan, kepangkatan, dan penggajian pegawai dalam lingkungan Perwakilan BPKP di wilayah Sumatera dan Jawa (selain DKI Jakarta).

Subbagian Pengangkatan dan Kepangkatan III mempunyai tugas melakukan penyusunan rencana pengangkatan dan kepangkatan pegawai serta penyiapan keputusan pengangkatan, kepangkatan, dan penggajian pegawai dalam lingkungan Perwakilan BPKP di wilayah Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Irian Jaya. 

Bagian Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai 

Bagian Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai mempunyai tugas melaksanakan urusan pemindahan, pemberhentian, dan pemensiunan pegawai. 

Dalam melaksanakan tugasnya, Bagian Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai menyelenggarakan fungsi:

  1. penyiapan bahan pemindahan pegawai berdasarkan pola promosi dan mutasi;
  2. penyiapan bahan pemberhentian pegawai;
  3. penyiapan bahan pemensiunan pegawai;
  4. penyiapan bahan administrasi disiplin.

Bagian Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai 

Bagian Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai terdiri dari:

  1. Subbagian Pemindahan Pegawai;
  2. Subbagian Pemberhentian Pegawai. 

Subbagian Pemindahan Pegawai mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pemindahan pegawai berdasarkan pola promosi dan mutasi.

Subbagian Pemberhentian Pegawai mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan  pemberhentian dan pemensiunan pegawai serta penyiapan administrasi disiplin. 

Bagian Organisasi 

Bagian Organisasi mempunyai tugas melaksanakan analisis, penataan, evaluasi, dan perumusan kelembagaan serta pembakuan prestasi kerja. 

Dalam melaksanakan tugasnya, Bagian Organisasi menyelenggarakan fungsi:

  1. penyiapan bahan analisis, penataan, evaluasi, dan perumusan struktur organisasi;
  2. penyiapan bahan analisis, penataan, evaluasi, dan perumusan pembakuan prestasi kerja. 

Bagian Organisasi terdiri dari:

  1. Subbagian Kelembagaan;
  2. Subbagian Pembakuan Prestasi Kerja. 

Subbagian Kelembagaan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan analisis, penataan, evaluasi, dan perumusan susunan organisasi dan uraian jabatan.

Subbagian Pembakuan Prestasi Kerja mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan analisis, penataan, evaluasi, dan perumusan pembakuan prestasi kerja. 

Bagian Tata Laksana 

Bagian Tata Laksana mempunyai tugas melaksanakan analisis, penyusunan, evaluasi, dan perumusan ketatalaksanaan, serta penyiapan bahan koordinasi penyusunan pedoman dan standar pemeriksaan BPKP dan APIP lainnya. 

Dalam melaksanakan tugasnya, Bagian Tata Laksana menyelenggarakan fungsi:  

  1. pembantuan penyiapan koordinasi penyusunan pedoman dan standar pemeriksaan instansi pemerintah di lingkungan BPKP dan APIP lainnya; 
  2. pembantuan penyiapan koordinasi penyusunan pedoman dan standar pemeriksaan badan usaha milik negara, Pertamina, cabang usaha Pertamina dan kontraktor bagi hasil, kontrak kerja sama, badan-badan lain yang di dalamnya terdapat kepentingan pemerintah, dan badan usaha milik daerah; 
  3. penyiapan bahan penelaahan, analisis, evaluasi, dan perumusan sistem dan prosedur kerja. 

Bagian Tata Laksana terdiri dari:

  1. Subbagian Tata Laksana Pengawasan;
  2. Subbagian Sistem dan Prosedur Kerja.   

Subbagian Tata Laksana Pengawasan mempunyai tugas melakukan pembantuan penyiapan koordinasi penyusunan pedoman dan standar pemeriksaan instansi pemerintah, badan usaha milik negara, Pertamina, cabang usaha Pertamina, kontraktor bagi hasil, kontrak kerja sama, badan-badan lain yang di dalamnya terdapat kepentingan pemerintah, dan badan usaha milik daerah.

Subbagian Sistem dan Prosedur Kerja mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penelaahan, analisis, evaluasi, dan perumusan sistem dan prosedur kerja.   


Share