Sekretariat Utama

Laporan Kinerja Sekretariat Utama 2015

Akuntabilitas Kinerja Sekretariat Utama (Setma) tahun 2015 adalah perwujudan kewajiban Setma untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan/kegagalan penugasan dari Kepala BPKP sebagaimana dituangkan dalam dokumen perjanjian kinerja. Melalui perjanjian kinerja, terwujud komitmen dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah atas kinerja tertentu yang harus dilaksanakan. Kinerja yang disepakati tidak dibatasi pada kinerja yang dihasilkan atas kegiatan tahun bersangkutan, tetapi termasuk kinerja (outcome) yang terwujud dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian target kinerja yang diperjanjikan juga mencakup outcome yang dihasilkan dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya, sehingga terwujud kesinambungan kinerja setiap tahunnya.

Berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang yang dimiliki, Setma melaksanakan program dan kegiatan yang meliputi lima bidang layanan yaitu bidang perencanaan, kepegawaian dan organisasi, keuangan, hukum dan humas, dan umum. Seluruh bidang layanan diharapkan dapat meningkatkan kualitas dukungan teknis dalam pengawasan BPKP yang akan diukur melalui persepsi kepuasan layanan kesetmaan. Dalam tahun 2015, persepsi kepuasan layanan kesetmaan ditargetkan memperoleh nilai 7 pada skala likert 1-10.                 

Berdasarkan hasil kuesioner dari 647 responden, realisasi persepsi kepuasan atas layanan Kesetmaan rata-rata memperoleh nilai 7,47 atau tercapai 106,71% dari target. Uraian atas hasil kuesioner setiap bidang layanan adalah sebagai berikut:

No Bidang Layanan Nilai
1 Perencanaan 6,51
2 Kepegawaian dan Organisasi 7,80
3 Keuangan 7,79
4 Hukum dan Humas 7,74
5 Umum 7,53
  Rata-rata 7,47

 

 

Indikator kinerja utama di atas, merupakan dampak dari pelaksanaan kegiatan Kesetmaan tahun 2015 dari rata-rata output sebesar 106,27% dengan uraian capaian output setiap unit kerja di lingkungan Setma sebagai berikut:

No Bidang Layanan Capaian Output
1 Perencanaan 97,87%
2 Kepegawaian dan Organisasi 115,35%
3 Keuangan 100,00%
4 Hukum dan Humas 106,75%
5 Umum 111,40%
  Rata-rata 106,27%
 

Selain pencapaian program dan kegiatan di atas, beberapa prestasi penting selama tahun 2015 yang perlu mendapat apresiasi yaitu:

  1. Assessmentuntuk pejabatstruktural dan fungsional auditor yang akan menjadi database untuk promosi, mutasi,dan utamanya penempatan pegawai pada tempat dan jenis pekerjaan yang tepat.

  2. Penyusunan Road Map Reformasi Birokrasi.

  3. Penyelesaian Kerangka Acuan Pengawasan.

  4. Kemenangan di pengadilan untuk hampir seluruh sidang gugatan terhadap BPKP.

  5. Tindak lanjut hampir seluruh temuan Badan Pemeriksa Keuangan RI dilakukan dengan tepat waktu dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Demikian pulapenerbitan berbagai kebijakan pimpinan di bidang pengelolaan anggaran sebagai bentuk aktivitas pengendalian agar temuan tidak berulang.

  6. Penerbitan pedoman dan sosialisasi penerapan akuntansi berbasis akrual untuk lingkungan BPKP.

  7. Penerimaan penghargaan (award) juara terbaik dari Kementerian Keuangan atas prestasi penyampaian Laporan Keuangan BPKP yang berkualitas dan tepat waktu selama bertahun-tahun, pengelolaan aset negara dengan baik, dan efisiensi dari pemanfaatan e-procurement.

  8. Penghargaan atas implementasi SistemAkuntabilitas Kinerja BPKP dari Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

  9. Penerimaan penghargaan dari kementerian ESDM atas capaian efisiensi dan efektivitas dibidang energi.

  10. Penerimaan penghargaan atas pengelolaan informasi dan komunikasi publik dari Komisi Keterbukaan Informasi Publik.

Keseluruhan kegiatan yang dilakukan Setma menggunakan dana sebesar Rp283.476.138.108,00 atau 85,31% dari anggaran sebesar Rp332.276.066.000,00.


Share