Sekretariat Utama

Organisasi MAC BPKP

d. Pelayanan MAC
           

Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas prima, MAC BPKP memberikan pelayanan berupa:

  • Program Assessment Center

Program ini akan menyediakan informasi bagi organisasi dalam strategi pengembangan dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan SDM, seperti rekruitment, promosi, mutasi, serta pengembangan keahlian dan keterampilan pegawai. Metode ini cocok untuk kandidat manajer atau pejabat setingkat eselon III , II, dan pengembangannya.

  • Job Profiling

Job profilingadalah suatu proses penentuan kriteria atau standar dari suatu jabatan. Sering kali organisasi mengalami kesulitan dalam menentukan kriteria atau standar tertentu untuk suatu jabatan yang dikaitkan dengan kompetensi atau peran (role) yang harus ada dalam jabatan tersebut. Dengan job profiling ini, organisasi dibantu dalam menyusun standard criteria atau benchmark untuk suatu jabatan ataupun pekerjaan tertentu. Hal ini akan membantu organisasi dalam memiliki acuan untuk menempatkan seseorang berdasarkan kompetensi yang dimilikinya, apakah kompetensi orang tersebut cocok atau tidak dengan kriteria jabatan.

  • Psikotestdan Personal Profiling

Kedua layanan ini dapat membantu pegawai mengenal diri sendiri. Dalam kegiatan ini, pegawai dibantu untuk menggali dan mengenali potensi diri dan mengenalkan mereka pada area-area yang perlu dikembangkan. Hasil yang diharapkan dari pengenalan diri ini, pegawai dapat memaksimalkan potensi yang ada pada diri mereka sehingga dapat membantu kesuksesan dalam bekerja dan kehidupan sehari-hari. Metode ini cocok untuk seleksi staf hingga manajer tingkat pertama.

  • Team Buildingatau Assessment Team

Dalam kegiatan ini, pegawai secara perorangan atau kelompok dibantu dalam membangun kepercayaan diri untuk berkontribusi dalam organisasi sehingga tujuan dan target organisasi yang telah ditetapkan dapat tercapai.

  • Program-Program Pengembangan Diri (Development Center):

Program ini terdiri atas communication skills, presentation skills, negotiation skills, motivating people, effective meeting, etc.

  • Analisis Beban kerja

Program ini dapat membantu organisasi untuk mengetahui beban kerja masing-masing pegawai maupun unit organisasi secara keseluruhan.

  • Organizational Development

Program ini dapat  membantu organisasi untuk  mengevaluasi diri dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi.

  • Job Analysis

Program ini dapat membantu organisasi untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan dalam suatu jabatan seperti knowledge, skill, dan abilities.

 

Sebelumnya Selanjutnya


Share