Assessment center merupakan metode yang berbasis kompetensi yang didesain dengan mengikuti standar internasional. Mengacu pada definisi konseptual yang diakui secara universal, maka metode Assessment Center (AC) juga diartikan sebagai proses sistematis untuk menilai keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan individu yang dianggap kritikal bagi keberhasilan kinerja yang unggul.
Assessment Center, sebagai metodologi, merupakan evaluasi terstandar mengenai perilaku individu yang memiliki karakteristik sebagai berikut
Penerapan multi-metode ini dilakukan untuk mencegah terjadinya bias dan mendapatkan reliabilitas pengukuran yang terbaik. Metode yang biasa digunakan dalam assessment center adalah latihan simulasi yang disandingkan dengan instrumen evaluasi kepribadian dan wawancara.
Keterlibatan multi-assessor ini dilakukan agar penilaian kompetensi peserta assessment dapat lebih objektif dan menekan bias yang mungkin terjadi. Oleh sebab itu, dibutuhkan keterampilan dan keahlian sebagai seorang assessor. Lazimnya, seorang assessor adalah orang yang telah mendapatkan sertifikasi untuk menjadi assessor dan mengikuti pelatihan menurut aturan telah yang ditentukan.
Keterlibatan multi-partisipan ini bertujuan memastikan terciptanya interaksi di antara para peserta assessment (assessee) pada simulasi yang akan diobservasi.
Melalui beragam simulasi, para assessor melakukan observasi terhadap perilaku para pesertaasessment. Hasil observasi dan penilaian dari para assessor akan diintegrasikan untuk menentukan skor final dan digunakan sebagai dasar pembuatan laporan.
Setelah para assessor melakukan data integrasi dan memberikan penilaian akhir, assessor memberikan umpan balik yang berguna untuk pengembangan kompetensi peserta dan diharapkan akan memberikan sumbangan berharga bagi peningkatan mutu SDM organisasi. Hasil dari Assessment Center ini dapat digunakan dalam strategi pembinaan dan pengembangan SDM suatu organisasi. Manfaat yang dapat digunakan dari hasil Assessment Center antara lain:
Manfaat yang diperoleh dari Assessment Center tersebut dapat dipergunakan oleh pimpinan organisasi sebagai salah satu sarana atau alat pengambilan keputusan yang berkaitan dengan SDM seperti rekruitmen, promosi, mutasi, dan pengembangan karir pegawai. |
Biro Keuangan |
Struktur Organisasi |
Tugas Pokok dan Fungsi |
Biro Kepegawaian |
Tugas Pokok dan Fungsi |
Struktur Organisasi |
Biro Perencanaan Pengawasan |
Tugas Pokok dan Fungsi |
Dukungan Teknologi Informasi |
Struktur Organisasi |
Agenda Renwas |
Biro Umum |
Struktur Organisasi |
Tugas Pokok dan Fungsi |
Biro Hukum dan Humas |
Tugas Pokok dan Fungsi |
Struktur Organisasi |
Sekretariat Utama |
Tugas Pokok dan Fungsi |
Penetapan Kinerja Sekretariat Utama |
Profil Sekretariat Utama |
Rencana Strategis Sekretariat Utama |
Laporan Kinerja Setma |
Rancangan Awal RPJMN 2015-2019 |
Buku I, II, III RPJMN 2015-2019 |
S-0317/M.PPN/11/2014 |
S-0320/M.PPN/11/2014 |
Matriks RPJMN 2015-2019 |