Transformasi Digital Optimalkan Kinerja Pengawasan

JAKARTA (9/7) – Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, teknologi informasi mempunyai andil besar untuk mempermudah dalam melakukan adaptasi kebiasaan baru dalam berkerja. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) senantiasa berusaha memutakhirkan pemanfaatan teknologinya, terus berinovasi, dan bertransformasi dalam memberikan pelayanan pengawasan yang terbaik.

Di hadapan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, Tim Pusat Informasi Pengawasan (Pusinfowas) BPKP, yang dipimpin Kepala Pusinfowas (Kapusinfowas) memaparkan update progress transformasi digital yang berhasil diselesaikan untuk memastikan kemanfaatan dari transformasi digital pengawasan yang sedang disusun.

“Empat poin yang menjadi fokus transformasi digital pengawasan di antaranya terkait data/intormasi, infrastruktur, proses, dan sumber daya manusia,” ungkap Kapusinfowas Agus Puruhitaarga Purnomo Widodo membuka diskusi, pada Jumat (9/7).

Untuk pemenuhan data/informasi, Pusinfowas BPKP menargetkan adanya pemenuhan data pengawasan/dukungan secara realtime dan akuntabel, tersaji secara komprehensif, dan dapat menjadi rujukan utama pengambilan keputusan pimpinan.

Agus menjelaskan berbagai langkah strategis telah diambil Pusinfowas untuk mendukung kegiatan pengawasan di antaranya, pengembangan aplikasi dan dukungan unit kerja, implementasi visualisasi Dashboard Pimpinan dan perbantuan pengembangan Dashboard CA Inspektorat BPKP, pengembangan Satu Data Pengawasan APIP Nasional (SIM HP Nas), pengembangan big data analysis/trending isu pengawasan, peningkatan pengamanan cyber security network, percepatan penanganan keluhan IT berbasis online, peningkatan kapasitas bandwidth di BPKP Pusat dan Perwakilan, serta langkah strategis lainnya.

Terkait Dashboard Pimpinan, aplikasi ini digunakan sebagai tools pemantauan kinerja unit kerja BPKP yang tersebar di seluruh indonesia.

“Karena keterlibatan pimpinan sangat berpengaruh terhadap optimalisasi kinerja organisasi, maka aplikasi ini disusun untuk mempermudah pimpinan melakukan pemantauan secara berkala,” ungkapnya.

Selain itu, tampilan informasi data yang disajikan pada aplikasi yang realtime, akurat, dan mudah dipahami maka memudahkan pimpinan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

“Dengan adanya dashboard ini, diharapkan output yang dihasilkan dari seluruh unit kerja BPKP dapat termonitor dengan baik sehingga pimpinan dapat dengan mudah memberikan masukan dan perbaikan terkait kendala yang dihadapi,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ekspose tesebut dihadiri oleh Sekretaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto, Inspektur BPKP Buntoro, dan tim pengembangan IT Pusinfowas BPKP. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Kebijakan Kantor Pusat BPKP Lantai 3.

 

(Kominfo BPKP/ws)