Pengembangan Kompetensi Pejabat Pengawas di Era Digital

Workshop ini dikemas dengan konsep yang menyenangkan dalam bentuk kuliah, diskusi kelompok, studi kasus, dan permainan-permainan kecil. Para peserta merupakan para pejabat struktural eselon 4 dari Kantor Pusat BPKP dan Kantor Perwakilan BPKP. Untuk sesi pertama pada 17-18 September 2019, peserta berjumlah 34 orang yang berasal dari pejabat struktural di lingkungan Kantor Pusat BPKP.

Kepala Biro SDM BPKP Sally Salamah mengatakan bahwa masalah SDM bukan hanya masalah Biro SDM saja, akan tetapi masalah kita semua (sebagai organisasi–red). Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat menambah kompetensi para pejabat dalam hal mengelola perubahan, komunikasi, orientasi hasil, pengembangan diri dan orang lain.

Dalam acara ini juga dilakukan soft launching aplikasi layanan SDM yang bernama SMILE (Sistem Manajemen Informasi SDM dengan Layanan Excellent) oleh Sekretaris Utama BPKP Dadang Kurnia. Aplikasi SMILE ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari aplikasi SISPEDAP. Pada kesempatan ini pula Sekretaris Utama BPKP Dadang Kurnia mengatakan bahwa jabatan pengawas sangat strategis dalam menjamin keberlangsungan komunikasi antara atasan dengan bawahan. Di era digital ini pejabat pengawas diharapkan untuk membuat grand design pengembangan kompetensi SDM bukan hanya di pengawasan melainkan juga di seluruh unit untuk dapat memprediksi apa yang dibutuhkan. Selain itu, Ia juga berpesan untuk mengawal aspek manajemen pengelolaan SDM, terutama di lingkungan pegawai milenial yang cenderung memilih pemimpin yang memiliki kelebihan dalam bersikap dan berperilaku. Oleh karena itu, diharapkan kepada pejabat-pejabat struktural untuk lebih dapat menanamkan nilai-nilai yang ada di BPKP kepada generasi muda (milenial) yang secara statistik telah mencapai 40% dari jumlah pegawai BPKP.