Kaji Kerja Sama, BPKP dan Bhutan Kembali Gelar Video Conference

CCA Bhutan adalah lembaga pengawasan intern di bawah Ministry of Finance Bhutan yang memiliki fungsi mengoordinasikan pengawasan intern di negara Bhutan. Untuk meningkatkan kualitas pengawasan intern dan tata kelolanya, CCA Bhutan menunjukkan keseriusannya untuk mempelajari implementasi pengawasan intern di Indonesia melalui BPKP.

Video conference yang dimulai pukul 11.00 WIB tersebut dipimpin oleh Sekretaris Utama BPKP Dadang Kurnia dan Chief Internal Auditor CCA Bhutan Pema Wangchen. Rapat dihadiri juga oleh perwakilan pejabat eselon II BPKP. Sebelumnya, rencana kerja sama antara BPKP dan CCA Bhutan ini telah dibahas dengan Kementerian Luar Negeri dan Sekretariat Negara RI. Kedua lembaga tersebut memberikan masukan dan hasilnya dikonfirmasikan pada CCA Bhutan. Agenda yang dibahas pada video conference kali ini, di antaranya terkait peran World Bank dalam perjanjian, pendanaan, klausul-klausul tambahan, jangka waktu, dan ruang lingkup kerja sama. Capacity building untuk meningkatkan kualitas pengawasan intern menjadi tema besar kerja sama antara BPKP dan CCA Bhutan.

Atas hal-hal yang telah disepakati dalam kerja sama dan protokoler kenegaraan, BPKP akan berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI untuk penyusunan naskah yang sesuai dengan kaidah-kaidah perjanjian internasional. Di akhir diskusi, CCA Bhutan mengundang BPKP untuk mengirim perwakilan pada kegiatan workshop terkait auditor intern di Bhutan pada bulan Agustus mendatang.