Sekretariat Utama

Berita Seputar Sekretariat Utama

Bulan Ramadhan Sarana Tingkatkan Produktivitas
20 Januari 2015 13:14:48 / adminsesma1 / dibaca: 2754 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

“Amalan yang dinilai ibadah tidak saja sebatas sholat dan mengaji, namun juga meliputi aktifitas di lingkungan kerja. Ibadah dalam segi vertikal dan horizontal. Dengan demikian, nantinya meski dalam kondisi puasa di bulan Ramadhan, pegawai BPKP diharapkan tetap bisa menjaga dan meningkatkan integritasnya selama.“

Pesan tersebut disampaikan Sekretaris Utama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Meidyah Indreswarisaat memberikan sambutan pada acara Tarhib Ramadhan yang bertempat di Aula Gandhi Kantor Pusat BPKP, Jakarta (17/06). Sebelum diisi dengan pembicara tunggal KH. Dr. Muslim Abdul Karim., MA tampil Ketua Pengurus Masjid Ar-Raqiib, Hasanuddin menyampaikan beebrapa rangkaian kegiatan ramadhan yang diselenggarakan oleh Panitia Gema Ramadhan 1435 H. “Bulan puasa kali ini akan disemarakkan dengan ceramah agama, pengajian muslimah dan bazar, pembacaan riyadus shalihin setiap ba’da sholat ashar, Sahur On The Road (SOTR), buka bersama, sholat tarawih bersama, acara penyantunan anak yatim piatu, peringatan Nuzulul Quran, pembagian zakat, dan halal bihalal pasca ramadhan,” ujar Hasanuddin.

Ceramah agama yang dibawakan oleh kyai sekaligus Pembina Pondok Tahfidz Quran Depok, Jawa Barat tersebut bertemakan “Jadikan Ramadhan Sarana Peningkatan Iman dan Integritas Diri untuk Meraih Prestasi dan Ridho Illahi”. Dalam ceramahnya dihadapan ratusan pegawai BPKP yang hadir, Ustadz Muslih memaparkan makna kata Tarhib Ramadhan. “Tarhib Ramadhan artinya menyambut kedatangan Bulan Ramadhan dengan segala kesiapan, keleluasaan, dan kelapangan, baik material maupun spiritual,” jelasnya.

Untuk menyambut bulan mulia tersebut, ia menganjurkan agar kita membersihkan jiwa dari iri, dendam, dan penyakit hati lainnya. Utamanya, meminta maaf kepada kedua orangtua.  “Siapa saja yang masih memiliki orangtua, baik itu masih lengkap atau tidak, akan dijamin masuk surga dengan syarat tidak pernah mengecewakan orangtuanya.” ujar Ustadz Muslih.

Selain itu, Ustadz Muslih juga memberikan beberapa amalan untuk dilakukan selama ramadhan. Antara lain, sebelum berbuka puasa kita dihimbau untuk memanjatkan doa agar diberi khusnul khotimah, minta diampuni dosa-dosa yang dimiliki, diberikan surga yang penuh kenikmatan, dan kemuliaan dunia-akhirat. Kedua, Ustadz Muslih menghimbau untuk menyediakan buka puasa bagi saudaranya, meskipun  hanya segelas air.

Selanjutnya, pendakwah tersebut menganjurkan untuk membiasakan bersedekah setiap pagi. “Setiap pagi ada dua malaikat turun dari langit. Malaikat yang satu mendoakan orang yang bersedekah hari itu agar diberi kecukupan sedangkan malaikat yang lainnya mendoakan agar orang yang tidak bersedekah hari itu diberi kehancuran,” pungkasnya.

 (aya / cindy / aji) (x..)



Share      

Berita Terkait:

17 Mei 2019 15:07:49 / adi / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Roundtable Discussion Peningkatan Pengetahuan MR Pengawasan
22 Pebruari 2019 10:03:06 / adi / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Raih Penghargaan Kinerja Terbaik Pengelolaan Anggaran Tahun 2018
21 Pebruari 2019 10:18:20 / adi / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Ngobrol Soal Akuntabilitas, Bekal Para BPKP Muda
20 Januari 2015 13:40:52 / adminsesma1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Informasi dan Komunikasi Publik : Pilar Strategis Organisasi
20 Januari 2015 13:37:52 / adminsesma1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Sestama BPKP Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda